Mayjen TNI Heri Wiranto Minta Riau Jaga Stabilitas Polhukam

FTNews, Pekanbaru— Deputi Bidang Koordinasi (Bidkor) Politik Dalam Negeri (Poldagri) Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Mayjen TNI Heri Wiranto minta Pemerintah Daerah (Pemda) optimal dalam menjaga stabilitas Polhukam di daerahnya.

Hal tersebut disampaikan Heri Wiranto saat melakukan kunjungan kerjanya ke Provinsi Riau dalam rangka supervisi penyelarasan program indeks demokrasi Indonesia kedalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Riau tahun 2024.

Ia menjelaskan terdapat beberapa langkah strategis Pemda yang perlu dioptimalisasikan dalam menjaga stabilitas Polhukam di Provinsi Riau. Pertama melalui peningkatan sinergisitas antara Pemerintah Pusat dengan Pemda terkait fasilitasi penyelenggaraan Pilkada 2024.

“Artinya koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian (Korsidal) kebijakan antara Pemerintah Pusat dan Daerah harus berjalan baik,” ujarnya di Menara Lancang Kuning Kantor Gubernur Riau, dilansir mediacenter.riau

Kemudian, menurutnya Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) perlu meningkatkan sinergi, peran dan fungsinya pada tahapan Pilkada 2024. Sehingga stabilitas keamanan di wilayahpun dapat terjaga. Sebab ia memandang, Pilkada bukan hanya tugas penyelenggara Pemilu saja namun juga merupakan tanggung jawab seluruh pihak.

“Koordinasi pelaksanaan tugas antarinstansi pemerintahan yang ada di wilayah daerah Provinsi dan kabupaten/Kota juga perlu dipotimalkan untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul,” ujarnya.

Selain itu, Deputi Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri Kemenko Polhukam juga mengingatkan kepada segenap jajaran ASN, TNI, dan Polri untuk selalu menjaga netralitasnya selama penyelenggaraan Pilkada berlangsung, tentunya sesuai dengan koridor hukum yang berlaku.

“Posisi ASN, TNI, Polri adalah untuk kepentingan bangsa dan negara, jangan sampai ada ketidaknetralan dalam Pilkada 2024,” tegas Heri.***

Artikel Terkait

Peralatan Penambangan Emas Ilegal di Muaralembu Kuansing Dibakar Polisi

FTNews, Kuansing--- Meski telah berkali-kali melakukan penindakan tegas pada...

Plt Kadisdik Riau: Guru ASN Wajib Netral di Pilkada

FTNews, Pekanbaru--- Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Riau, Edi...

Sampah di Kota Pekanbaru akan Dikelola BLUD

FTNews, Pekanbaru--- Pengelolaan pengangkutan sampah di Kota Pekanbaru ke...

Lampaui Target, Realisasi PAD Pemkot Pekanbaru dari Sektor Pajak Tembus Rp640 Miliar

FTNews --- Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru terus meningkatkan Pendapatan...

Bus Aero Tabrak Truk Tronton di Tol Pekanbaru-Dumai

FTNews, Pekanbaru--- Sebanyak 13 penumpang Bus AERO nomor polisi...