Meski Kabel Sempat Kendor, Neuralink Siap Tampung Pasien Baru

FTNews – CEO dari perusahaan Neuralink, Elon Musk, mengatakan bahwa perusahaannya siap untuk menampung pasien baru. Setelah kesuksesan besar terhadap chip implan di otak pada pasien pertamanya, Nolan Arbaugh. Rencananya, mereka akan menanamkan Telepathy di pasien keduanya sekitar minggu depan.

Mengutip dari Guardian, Neuralink sebenarnya sudah menjadwalkan untuk melakukan operasi tersebut pada akhir Juni. Akan tetapi, sang pasien mengalami permasalahan pada kesehatannya yang berpotensi berbahaya jika melanjutkan prosedur tersebut.

Selain itu, perusahaan tersebut sempat mengumumkan akan adanya permasalahan pada kabel chip implan tersebut. Di mana, kabel-kabel yang berada di otak Arbaugh semakin kendor.

“Setelah Anda melakukan operasi otak, diperlukan beberapa waktu agar jaringan dapat masuk dan mengikat benang pada tempatnya. Dan setelah itu terjadi, semuanya menjadi stabil,” ujar dewan eksekutif Neuralink, Dongjin “DJ” Seo, dalam siaran langsung di X, Rabu (10/7).

Penyebab Kendornya Kabel

Telepathy milik Neuralink. Foto: Neuralink

Telepathy yang mereka pasang di otak Arbaugh menggunakan 64 kabel. Akan tetapi, hanya 10 persen dari total kabel tersebut yang dapat bekerja setelah koneksinya terputus.

Permasalahannya, ada udara yang terperangkap ketika prosedur pengoperasian berlangsung. Oleh karena itu, Neuralink akan memperbaiki metodenya untuk mencegah hal yang serupa untuk terjadi pada pasien baru ini.

“Dalam implan selanjutnya, rencana kami adalah meminimalkan celah di bawah implanya. Sehingga dapat menempel dekat dengan otak dan menghilangkan ketegangan pada kabel-kabel tersebut,” ujar Matthew Macdougall, Kepala Bedah Saraf Neuralink, dalam kesempatan yang sama.

Fungsi dari Telepathy

Ilustrasi chip di otak. Foto: Canva

Produk ini dapat memberikan kesempatan bagi para penggunanya untuk mengakses komputer tanpa menggunakan sentuhan sama sekali. Melainkan, hanya menggunakan sinyal-sinyal dari otak untuk menggunakan perangkat elektronik.

BACA JUGA:   Ratusan Penguin Mati di Antartika, Ada Apa?

Seperti pada pasien pertama, Nolan Arbaugh, ia mengalami kelumpuhan pada bagian leher ke bawah tubuhnya. Dengan bantuan Telepathy, ia dapat menggunakan komputer, seperti mengetik atau pun menggerakan mouse hanya dengan cara berpikir.

Bahkan, ia dapat bermain gim menggunakan teknologi ini. Ketika Arbaugh memiliki kemampuan ini, ia langsung menghabiskan waktunya untuk bermain catur ataupun Sid Meier’s: Civilization VI.

Elon Musk juga mengatakan bahwa chip tersebut tidak akan melukai otak para penggunanya. Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat juga telah memberikan lampu hijau kepada Neuralink sejak tahun lalu.

Artikel Terkait