Nova Arianto Puas dengan Hasil Seleksi Tim U-16 Indonesia

FTNews – Pelatih Tim U-16 Indonesia, Nova Arianto mengungkapkan rasa puasnya dengan hasil seleksi pemain Garuda Muda tahap kedua.

Latihan yang dimulai pada Kamis (28/3) di lapangan latihan Jakarta International Stadium (JIS) hingga Minggu (31/3) dihadiri oleh 37 pemain dari berbagai perwakilan.

“Kualitas pemain-pemain di tahap kedua ini sebenarnya secara kualitas mereka di atas yang tahap pertama. Para pemain yang hadir di sini rata-rata berasal dari tim yang lolos di delapan besar Elite Pro Academy. Secara pengalaman bertanding dan jam bertanding mereka lebih baik, dan secara kualitas pun bisa kita lihat mereka lebih baik,” ujar Nova dalam PSSI.

Pada seleksi ini Nova mengutamakan kekuatan fisik para pemain. Ia menginginkan pemain memiliki stamina yang konsisten dan tidak mudah lelah.

Karena Nova sebelumnya menilai, banyak pemain yang mudah lelah dan tidak bergerak saat pertandingan sudah masuk ke inti. Hal seperti ini ia ingin ubah dan memilih pemain dengan kualitas terbaik.

Tim U-16 Indonesia saat berlatih. (Foto: PSSI)

Pelatih kelahiran Semarang ini mengatakan, akan mengambil pemain sesuai dengan keinginannya. Walaupun setiap klub memiliki cara permainan tersendiri. Nova ingin pemain saat masuk timnya menggunakan caranya.

“Karena di setiap klub kan secara filosofi pasti berbeda-beda. Jadi di sini saya punya filosofi sendiri dan saya harap pemain bisa bermain sesuai dengan filosofi yang saya mau. Pemain yang bisa masuk di tim saya adalah pemain yang bisa bermain sesuai dengan yang saya mau,” ungkapnya.

Dengan target menuju Piala AFF U-16 tersebut, Nova akan menggeber pemainnya dan lagi-lagi ia menfokuskan pada fisik dan stamina pemain.

“Kalau level fisik ya kita punya standar ya menuju sampai di (Piala) AFF (U-16), kita VO2Max-nya harus di angka 50 ya. Dan untuk menuju Kualifikasi Piala Asia target saya adalah di 55, dan di berikutnya dia bisa sampai di 60,” tutur Nova.

BACA JUGA:   Real Madrid Perpanjang Kontrak Toni Kroos Satu Musim
Tim U-16 Indonesia saat berlatih. (Foto: PSSI)

Tim U-16 ini sudah menjalani berbagai seleksi dengan menu latihan yang beragam. Tetapi Nova, bersikeras mengutamakan fisik sebagai acuan pemilihan pemain.

Karena pemain Tim U-16 ini memiliki proyeksi jangka panjang, yang nantinya akan melahirkan bibit muda untuk di timnas senior Indonesia mendatang.

Tim U-16 akan melakoni beberapa pertandingan besar Piala AFF U-16 dan kualifikasi Piala AFC U-17 2025. Serta tidak menutup kemungkinan untuk masuk dalam Piala Dunia U-17 2025.

Artikel Terkait

Kandaskan Jabar, Jateng Sukses Rebut Juara Umum Cabor Bulu Tangkis

FTNews, Deli Serdang--- Tim bulu tangkis Jawa Tengah (Jateng)...

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...

Kena Tinju IShowSpeed, Seorang Fans Lionel Messi Ini Berubah Pikiran

FT News - Saat ini, seorang Youtuber IShowSpeed sedang mengunjungi...