Optimisme Deschamps Hadapi Socceroos Tanpa Benzema

Forumterkininews.id, Jakarta – Juara bertahan Piala Dunia Perancis akan menghadapi Australia tanpa pemain yang meraih Ballon d’Or Karim Benzema, Rabu (23/11). Meski demikian pelatih Perancis, Didier Deschamps optimis bahwa tim besutannya mampu mengandaskan Australia.

Seperti diketahui, Benzema mengalami cedera paha pada akhir pekan. Nama Benzema menambah daftar pemain Perancis yang harus mendapatkan perawatan seperti N’Golo Kante, Presnel Kimpembe, Paul Pogba dan Christopher Nkunku.

Deschamps mengakui Les Bleus sekarang tanpa beberapa pemain inti yang berkarakter, tapi mantan pemain Timnas Perancis ini percaya bahwa absennya Benzema tidak terlalu terpengaruh.

“Anda pikir apa yang dihasilkan timnas Perancis saat ini hanya dengan menjentikkan jari? Tentu tidak. Saya menjalani hari-hari yang penuh warga untuk memberikan semangat dan memimpin pasukan menuju kemenangan,” ujar pemain yang berlaga di Piala Dunia 1998 ini.

Kejayaan tim nasional Perancis tidak dibangun dalam sehari, tidak dapat terjadi dalam semalam, tetapi kami memiliki apa yang kami butuhkan. Kami memiliki cukup banyak pemain yang mampu menstimulasi, membuat yang lain maju. Kemdian menjaga semangat di ruang ganti, di lapangan, di sela-sela pertandingan.

“Sangat penting untuk ditanamkan bahwa setiap pemain adalah pemimpin di posisinya. Kemudian kita akan melihat seperti apa mereka di lapangan,” ujar Deschamps.

Bangun Mentalitas Pemain Australia

Sementara itu Pelatih Tim Nasional Australia Graham Arnold telah melarang pemainnya mengungkapkan kata kalah dan lelah. Ini merupakan strategi Arnold agar para pemainnya bisa bermain lepas tanpa beban mengahadapi juara bertahanan Piala Dunia 2018 lalu.

“Saya melarang kata lelah dan saya telah melarang kata sakit,” ungkap Arnold.

Menurutnya ini adalah Piala Dunia, tidak ada yang namanya lelah setelah pertandingan atau lelah atau mengalami sakit

Lebih lanjut Arnold mengatakan, mungkin Mbappe dan Antoine Griezmann terlihat berbahaya bagi Australia, tetapi jangan berharap pasukan Socceroos akan kewalahan ketika menghadang keduanya

“Para pemain tahu siapa mereka, tapi ini tentang mengidentifikasi kekuatan para pemain. Menjadi tugas kami untuk bertanding menunjukkan kepada Perancis siapa kami sebagai tim,” ujarnya

Kapten dan penjaga gawang Timnas Australia, Mathew Ryan mengatakan keyakinan adalah kuncinya.

BACA JUGA:   Sirkuit Mandalika Siap Gelar Balapan WSBK 2022

Fokus terbesar kami adalah mentalitas dan para pemain telah memahami mentalitas. kami menghadapi setiap pertandingan, siapa pun yang kami hadapi, dengan rasa hormat yang tepat,” katanya.

Susunan Pemain

Gawang Prancis akan dijaga kiper Tottenham Hotspur Hugo Lloris. Sementara pertahanan tim ayam jantan tersebut akan diisi  Dayot Upamecano yang akan bahu membahu bersama Ibrahima Konate dalam melindungi Lloris di jantung pertahanan Prancis. Keduanya akan dikawal dua bek sayap, yakni Lucas Hernandez di sektor kiri pertahanan, dan Benjamin Pavard di sebelah kanannya.

Untuk jangkar tengah, Deschamps mempercayakan Adrien Rabit dan Aurelien Tchouameni. Keduanya akan menjadi titik pangkal serangan untuk kuartet serang Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe dan Olivier Giroud.

Giroud akan menjadi ujung tombak di mana Mbappe berada tepat di belakangnya. Sedangkan Dembel dan Griezmann akan berperan sebagai penyerang sayap.

Dengan formasi ini, Perancis bukan saja berusaha menekan dan menyerang sepanjang pertandingan, tetapi juga ingin mencetak gol sebanyak mungkin. Formasi ini sekaligus membuat Australia berpikir dua kali untuk mencoba-coba menusuk balik Prancis.

Namun Socceroos sepertinya cenderung tidak tertarik mengambil strategi bertahan total.

Sebaliknya mereka akan memasang tiga gelandang untuk mengganggu kemapanan sektor tengah Prancis, dan menempatkan tiga pemain pengisi lini serang, paling tidak untuk merepotkan Prancis di sepertiga pertama sehingga kesulitan membangun serangan dari area ini.

Untuk itu, Ajdin Hrustic, Aaron Mooy, dan Jackson Irvine akan dipasang di lini tengah. Sedangkan Mathew Leckie, Mitchell Duke, dan Craig Goodwin ditugaskan Graham Arnold di sepertiga akhir untuk mencoba menciptakan gol dan mengganggu keseimbangan Prancis di lini belakangnya.

Kapten tim Matt Ryan sudah pasti menjadi pilihan utama tak tergantikan dalam menjaga gawang Australia. Kye Rowles dan Bailey Wright akan tepat berada di depan Ryan. Sedangkan Nathaniel Atkinson dan Aziz Behich mengisi kedua sayap pertahanan.

Apakah mereka akan berhasil meredam tim serang Prancis, khususnya Kylian Mbappe, akan menjadi titik menarik dalam pertandingan ini.

Artikel Terkait

Kandaskan Jabar, Jateng Sukses Rebut Juara Umum Cabor Bulu Tangkis

FTNews, Deli Serdang--- Tim bulu tangkis Jawa Tengah (Jateng)...

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...

Kena Tinju IShowSpeed, Seorang Fans Lionel Messi Ini Berubah Pikiran

FT News - Saat ini, seorang Youtuber IShowSpeed sedang mengunjungi...