Perbaiki Ranking PON XXI, Riau Berharap Raih 7 Emas dari Cabang Anggar

FTNews, Pekanbaru— Riau berharap Anggar yang menjadi salah satu cabang olahraga andalan dapat mendongkrak posisi naik ke lima besar. Saat ini Riau masih berada di peringkat tujuh perolehan medali PON XXI Aceh Sumut dengan 6 emas, 5 perak dan 6 perunggu.

Dari cabang Anggar diharap dapat mendulang sekurang-kurangnya 7 medali emas. Sebagai catatan pada PON XXI Papua 2021, Riau berhasil meraih 5 medali emas dan menjadi juara  cabang Anggar. Pada PON XX Papua itu, Riau mengakhiri kiprahnya di peringkat delapan dengan perolehan 21 emas, 25 perak dan 21 perunggu.

Selasa (10/9/2024), Pj Gubernur Riau Rahman Hadi bersama istri dan sejumlah pejabat ke mess Kontingen Riau, salah satu tujuannya adalah memompakan semangat para atlet yang berlaga di PON XXI, khususnya mereka yang akan segera bertanding. Salah satunya adalah para atlet anggar.

Pj Gubernur bersama Ketua Umum KONI Riau Iskandar Hoesin dan Ketua Kontingen Rusli Zainal menemui secara khusus para atlet ini guna memastikan kondisi mereka dan kesiapan menghadapi pertandingan.

Ia berharap para atlet anggar, seperti halnya tim senam, yang memberi kejutan pada Kontingen Riau dengan menyapu 6 medali emas sekaligus menjadi juara umum cabang itu.

“Hari ini kami mengunjungi mess tempat Atlet PON Riau cabang olahraga Anggar beristirahat dan berlatih selama mengikuti PON XXI Aceh-Sumut 2024 ini. Kami berharap dengan kedatangan kami dapat memotivasi dan membakar semangat para atlet dalam bertanding,” kata Pj Gubernur Riau, Rahman Hadi, dilansir mediacenter.riau

“Tidak lupa pula kami berpesan untuk menjaga stamina, kesehatan selama pertandingan dan terus menjaga nama baik Riau serta menjunjung tinggi nilai sportivitas dan solidaritas. Mari kita doakan bersama, agar para Atlet Riau pada ajang PON XXI Aceh-Sumut dapat memperoleh medali yang sebanyak-banyaknya dan menjadi sang juara,” ujarnya.

BACA JUGA:   Menpora Dito Ariotedjo Bakal Buktikan Usia Muda Bukan Masalah

 

Pj Gubernur Riau Rahman Hadi memberi motivasi pada para atlet Riau akan bertanding, Selasa (10/9/2024)/Foto: mediacenter.riau

Sementara itu, Ketua kontingen Riau, Rusli Zainal berharap cabor anggar memberikan prestasi yang terbaik bagi kontingen Riau. Seperti yang telah dijalani oleh tim anggar Riau pada PON XX lalu di Papua. Cabor anggar berhasil menjadi juara umum dengan meraih 5 medali emas.

“Tadi kami bersama Pak Pj Gubernur dan Pak Iskandar melihat Cabor Anggar dengan 12 nomor yg dipertandingan. Pengalaman PON di Papua dapat 5 medali emas dari 9 nomor kita di final dan dapat 5 emas. Kalau bisa tahun ini dapat lebih dari separoh, 5 atau 7 lah kita harapkan,” ujar Rusli Zainal.

“Mudah mudahan para pahlawan olahraga kita dari Riau, betul betul dapat berjuang maksimal. Tentu doa kita semua agar mereka dapat bertanding dengan sukses dan memperoleh medali yang terbaik,” tambah mantan Gubernur Riau dua periode ini.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua KONI Riau, Iskandar Hoesin, ia berharap torehan medali dari cabor anggar ini bisa menutupi gagalnya cabor unggulan Riau meraih medali emas.

Saat ini cabor senam menutupi kekurangan cabor lain yang kehilangan medali emas. Karena itu, ia berharap dari anggar juga bisa menutupi kehilangan target emas dari cabor andalan Riau lainnya.

“Dari anggar tadi di PON Papua kan dapat 5 emas, di babak kualifikasi ada 3 yang lolos. Menurut pengamatan selama ini bisalah dapat 6 atau 8 emas. Kalau itu terjadi ranking kita otomatis akan naik lagi. Tapi kita juga bersyukur dihari pertama kita naik di klasemen pertama. Kami berharap, dari anggar ini bisa menaikkan prestasi Riau,” ungkap Iskandar Hoesin.***

Artikel Terkait

Anggaran Penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024 Mencapai 3,94 triliun

FT News - Anggaran penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024...

Viral Atap Venue PON Cabor Menembak Ambruk, Warganet: Udah Gak Beres Ini!!

FT News - Video peristiwa ambruknya bangunan venue cabang...

Ribuan Pencari Kerja Serbu Riau Job Fair 2024, Tersedia 3.000 Lowongan Kerja

FTNews, Pekanbaru--- Ribuan pencari kerja ramai-ramai menyerbu Riau Job...

Koleksi 23 Medali, Tim Dayung Jabar Berpotensi Tambah Tiga Emas Lagi

FTNews, Aceh--- Cabor dayung berhasil menyumbang 23 medali untuk...