Satoru Ingin Tim U-17 Wanita Indonesia “Fight” dan Sundulannya Bagus

FTNews – Tim U-17 Wanita Indonesia kini sedang merintis kembali untuk persiapan berbagai ajang sepak bola wanita mendatang.

Tidak hanya memerhatikan sepak bola inti, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) juga fokus pada pengembangan sepak bola seluruh kelompok umur juga wanita.

Dalam hal ini Tim U-17 wanita yang menjalani seleksi untuk pembentukan tim dan nantinya hadir pada Piala AFC U-17 2024.

Pelatih tim U-17 Wanita, Satoru Mochizuki memiliki kriteria utama dalam memilih pemain dalam asuhan timnya itu. Satoru mengatakan bahwa ia menginginkan pemain dengan kegigihan yang tinggi.

Pelatih tim U-17 Wanita, Satoru Mochizuki. (Foto: PSSI)

“Yang penting semuanya mau fight di lapangan, berjuang keras. Itu penting. Masih banyak bagian yang kurang di tim ini. Untuk itu, saya berharap tim ini bisa meningkat kemampuannya,” ujarnya dalam PSSI.

Selain itu ia juga sudah melakukan seleksi pertama dalam gelombang awal serta gelombang kedua yang dihadiri oleh 38 pemain dari berbagai perwakilan tim.

Satoru juga mengatakan bahwa rasa senangnya dapat memimpin latihan, ia selama seleksi tersebut melihat kemauan dan perjuangan keras dari para pemain.

“Sangat senang akhirnya dapat memimpin langsung seleksi tim U-17 wanita Indonesia. Karena ini baru pertama kali tim perempuan dikumpulkan, saya melihat semangat dan kerja keras pemain dengan baik,” tuturnya.

Tidak lupa pelatih asal Jepang itu juga menginginkan pemain dengan keunggulan permainan yang baik. Mulai dari skill dasar hingga cara pertandingan lapangan yang baik.

Tim U-17 Wanita Indonesia. (Foto: PSSI)

“Tentunya saya mencari pemain yang memiliki berbagai keunggulan. Pemain yang punya kelebihan dalam skill tertentu. Misalnya kecepatan, dia begitu cepat. Lalu tinggi dan besar serta sundulannya bagus. Pemain yang bisa mengumpan dan operan bagus.” jelasnya.

BACA JUGA:   Uruguay Juara Piala Dunia U-20

Satoru mengatakan keinginan untuk membuat pemain hingga ke top dunia sangat mungkin terjadi. Namun, ia menjelaskan saat ini mereka masih dalam kelompok umur. Sehingga membutuhkan waktu panjang untuk menempuh sampai titik tersebut.

“Juga memiliki komunikasi yang bagus serta bisa menghidupkan atmosfer pertandingan sehingga bisa menggerakkan dan menghidupkan tim. Saya ingin pemain seperti itu agar bisa menjadi pemain top dunia. Tapi itu semua masih sangat jauh karena mereka masih di bawah 17 tahun. Jadi pastinya butuh waktu,” terangnya dalam PSSI.

Tim U-17 Wanita akan bertanding dalam Piala AFC U-17 2024. Dalam ajang ini Indonesia juga menjadi tuan rumah di Bali pada tanggal 6 hingga 19 Mei mendatang.

Skuat Wanita Indonesia akan bertemu dengan tim-tim yang cukup kuat. Mulai dari, Korea Selatan, Korea Utara dan Filipina.

Artikel Terkait