Tidak Pimpin Latihan Tim U-16, Nova Perintah Geber Pemain

FTNews – Pelatih tim U-16, Nova Arianto tidak dapat hadir bersama para pemain untuk pemusatan latihan (TC). Alasan ia absen pimpin latihan karena sedang membantu latih tim U-23 Indonesia.

Garuda Muda sudah melakukan TC sejak Jumat (19/4) di Griya Persada Resort & Hotel, Kaliurang, Yogyakarta. Pemusatan latihan ini membawa sebanyak 36 pemain dari berbagai klub atau akademi.

“Hari keempat, sesuai perintah head coach (Nova Arianto) intinya kita menaikkan kondisi fisik pemain, makanya kita ambil di Kaliurang, karena kita mau ambil physical endurance (ketahanan fisik) pemain yang akan langsung ditangani oleh pelatih fisik,” ujarnya dalam PSSI.

Nova melakukan hal tersebut untuk mematangkan Garuda Muda pada Piala AFF U-16. Tim asuhan pelatih asal Semarang ini akan melakoni ajang kelompok usia tersebut pada 16 – 29 Juni 2024.

Latihan ini akan berlangsung selama kurang dari satu bulan. Tepatnya Garuda muda akan mengakhiri pemusatan itu sampai Senin (6/5).

Staf Pelatih tim U-16 Indonesia. (Foto: PSSI)

Staf pelatih kompak menjalankan perintah yang Nova inginkan agar pemain dapat matang sesuai dengan harapan. Pelatih Tomi Haryanto melakukan latihan fisik selama dua hari itu dengan berbagai menu yang mereka siapkan.

“Menu latihannya selama ini adalah, kemarin kita sudah dua kali cross country, hari ini ada aerobik, jadi dari pelatih fisik memang sengaja hari ini kita naik, kemarin dari cross country kita ke lapangan dan sorenya ada latihan teknik,” terangnya.

Tim U-16 Indonesia pemusatan latihan. (Foto: PSSI)

Pasukan Garuda Muda ini mendapatkan fisik karena mantan pemain timnas tersebut saat melatih pada Sleksi sebelumnya melihat pemain sebagian besar lemah pada fisik. Sehingga penekanan fisik menjadi tujuan utama.

“Selanjutnya kita masih sama laltihannya, karena ingin menaikkan endurance pemain, banyak di ranahnya pelatih fisik, mungkin 60 persen di fisik, 40 persennya di teknik. Sore kita hanya sedikit teknik,” ungkap mantan Pelatih Madura United.

BACA JUGA:   PSSI Beri Sinyal Perpanjang Shin Tae-Yong Untuk Skuat Garuda

Keinginan Nova

Pelatih Tim U-16 Indonesia, Nova Arianto. (Foto: PSSI)

Nova memiliki keinginan itu karena melihat permainan timnas senior yang dipimpin oleh  Shin Tae-Yong memiliki fisik ketahanan pada tingkat terbaiknya. Dengan fisik terbaik itu, terbukti saat ini timnas dapat melaju dengan berbagai prestasi gemilang.

Timnas senior sudah meraih peringkat dengan menembus 134 pada ranking FIFA. Sebelumnya pada tahun 2020 mereka berada pada peringkat 175.

Selain itu juga perlu diingat timnas sudah berhasil lolos hingga 16 besar Piala Asia 2023. Lolosnya ke putaran final itu adalah sejarah baru bagi bangsa Indonesia. Indonesia sudah mengikuti setidaknya lima edisi ajang tersebut, namun baru menginjakan kakinya pada putaran final saat itu.

Artikel Terkait

Kandaskan Jabar, Jateng Sukses Rebut Juara Umum Cabor Bulu Tangkis

FTNews, Deli Serdang--- Tim bulu tangkis Jawa Tengah (Jateng)...

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...

Kena Tinju IShowSpeed, Seorang Fans Lionel Messi Ini Berubah Pikiran

FT News - Saat ini, seorang Youtuber IShowSpeed sedang mengunjungi...