Tinjau Venue Peparnas 2024 Solo Raya, Nana: Kesiapan Capai 90 Persen

FTNews, Surakarta— PON XXI Aceh-Sumut sudah selesai, kini tinggal gelaran Peparnas (Pekan Paralimpiade Nasional) ke-17 yang rencananya digelar 6-13 Oktober 2024 mendatang di wilayah Solo Raya, Jawa Tengah. Waktu yang semakin dekat, persiapan pun makin gencar untuk mengejar target venue-venue siap digunakan.

Dikabarkan,kesiapan puluhan venue yang akan digunakan pada 6-13 Oktober 2024 mendatang, sudah mencapai 90 persen. Untuk memastikan, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana langsung melakukan peninjauan ke lapangan, Minggu (22/9/2024).

Dikutip dari keterangan Humas Jateng, Ada enam venue pertandingan yang tersebar di Kota Surakarta dan Kabupaten Sukoharjo, yang dikunjungi Nana. Dari enam lokasi itu, empat venue sudah siap digunakan untuk pertandingan, yakni Stadion Sriwedari untuk cabor para atletik, GOR FKOR UNS Manahan untuk cabor boccia, Lapangan Kota Barat untuk cabor para panahan, dan GOR Bung Karno Sukoharjo untuk cabor para tenis meja.

Sementara, dua venue masih dalam tahap pengerjaan perbaikan dan melengkapi fasilitas. Seperti, Bengawan Sport Center untuk venue ten pin bowling yang sedang tahap perbaikan lampu, layar display skor, dan penambahan akses disabilitas. Lalu Velodrome Mahanan untuk cabor para balap sepeda nomor track yang masih tahap pengecatan velodrome.

Ketua Bidang Arena (Penanggung Jawab Venue) Peparnas ke-17, Rini Kusumandari mengatakan, total ada 24 venue yang digunakan. Terdiri atas 23 venue pertandingan, dan satu venue upacara pembukaan dan penutupan di Stadion Manahan. “Semua venue 90 persen sudah siap. Semoga pekan depan sudah diselesaikan,” katanya, seusai mendampingi Pj Gubernur Jawa Tengah mengecek venue Peparnas.

Rini juga menyampaikan, Nana Sudjana memberi sejumlah arahan selama cek venue. Khususnya, terkait sejumlah venue yang belum siap seperti velodrome dan Bengawan Sport Center.

BACA JUGA:   Menpora Batal, Ratu Tisha Resmi Jadi Waketum PSSI

“Untuk pengadaan perlengkapan (venue cabor bowling) itu segera dilakukan, karena ini tinggal menghitung hari. Untuk velodrome ini segera diselesaikan pengecatan, lainnya overall sudah lengkap,” jelasnya.

Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dalam beberapa kesempatan menyampaikan komitmen provinsinya untuk menyukseskan penyelenggaraan Perparnas XVII. Mulai dari kesiapan venue tanding, akomodasi, konsumsi, transportasi, dan semua fasilitas pendukung lainnya, terus digenjot.

“Kita semua berkomitmen, bahwa pelaksanaan Peparnas harus sukses, berjalan lancar. Kita akan saling mengisi, mendukung, dan memberikan penguatan,” katanya. ***

Artikel Terkait