18 Daerah akan Disinggahi Kirab Api PON XXI 2024

FT News – Kirab Api Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, akan melewati setidaknya 18 Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Utara (Sumut). Dimulai dari Kabupaten Dairi yang berbatasan dengan Kabupaten Subulussalam, Provinsi Aceh.

Acara kirab ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024. Dalam acara kirab itu, obor diserahterimakan antara Provinsi Aceh dengan Sumut sebagai tuan rumah pesta olahraga terbesar nasional itu.

Panitia Besar (PB) PON XXI Sumut dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menerangkan bahwa api PON untuk pertama kali diterima di perbatasan Aceh-Sumut. Selanjutnya akan diarak menuju masing-masing lokasi upacara di 18 Kabupaten/Kota di Sumut.

Adapun lokasi pertama yaitu Kabupaten Dairi, berlanjut ke Kabupaten Karo, Kabupaten Simalungun, Kota Pematangsiantar, Kabupaten Toba, Kabupaten Tapanuli Utara, Kota Sibolga, Padangsidimpuan, Kabupaten Padang Lawas Utara, kabupaten Labuhan Batu Selatan, Kabupaten Labuhanbatu, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Kabupaten Asahan, Kabupaten Batubara, Kota Tebingtinggi, Kabupaten Serdangbedagai, Kabupaten Deliserdang dan akhirnya Kota Medan.

Dalam prosesi Kirab Api PON XXI di Sumut kali ini sebanyak 42 orang akan bertugas. Kemudian akan dibagi menjadi dua bagian di mana masing-masing regu berisi 21 orang. Secara teknis, akan ada titik penjemputan antar Kabupaten/Kota di kawasan perbatasan daerah, di mana selanjutnya juga akan digelar upacara di lapangan yang ditentukan oleh setiap daerah.

“Jadi dari perbatasan Kabupaten/Kota, api PON akan diarak dengan berlari menuju lokasi upacara sejauh 2 sampai 3 kilometer. Setelah itu dibawa menggunakan mobil rombongan hingga ke perbatasan daerah berikutnya, hingga Kota Medan pada 8 September 2024,” ujar Kasatpol PP Sumut, Mahfullah P Daulay.

Setelah sampai di Kota Medan, api PON akan diarak menuju Kantor Gubernur dan bermalam. Kemudian esok harinya, api dibawa berlari menuju lokasi upacara di Kantor Wali Kota Medan. Dilanjutkan dengan diarak keliling kota hingga ke Istana Maimun.

BACA JUGA:   Gunung Ibu Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 7 Km
Kirab Api Pon akan melewati 18 Kabupaten/Kota di Sumut. (Foto: Ist)

Pada 9 September 204, dari Istana Maimun api akan diarak menuju Stadiun Baharoeddin Siregar, Kabupaten Deliserdang untuk kemudian dilanjutkan dengan Upacara Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024.

Di hari yang sama, pembukaan PON Aceh-Sumut secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo dilaksanakan di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Dijelaskan juga, untuk obor sebagai wadah api PON secara visual mengambil filosofi setiap daerah penyelenggara. Berat obor juga dirancang tidak lebih dari 2 kg serta tahan terhadap berbagai cuaca.

Kirab Api PON ini diharapkan dapat memberikan semangat sekaligus meningkatkan antusias masyarakat untuk mendukung kegiaan PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024. Di mana Sumatera Utara menjadi tuan rumah dengan mengambil lokasi pertandingan atau perlombaan di 10 Kabupaten/Kota yaitu Langkat, Binjai, Medan, Deliserdang, Karo, Serdangbegadai, Pematangsiantar, Simalungun, Toba dan Samosir.

Artikel Terkait