5 Manfaat Air Garam Bagi Kesehatan

Forumterkininews.id, Jakarta – Garam, selain menjadi bahan penyedap dalam masakan juga memiliki banyak manfaat. Kandungannya yang kaya akan mineral penting bagi tubuh.

Garam mengandung mineral seperti, iodium, kalium, kalsium, zat besi, dan zinc, oleh karena itu banyak manfaatnya. Memanfaatkan garam sebagai obat mudah, kita bisa melarutkannya dengan air hangat. Lalu, apa saja manfaat air garam untuk tubuh?

  1. Meredakan Sariawan

Mengutip dari sebuah kajian studi pustaka pada tahun 2020, garam dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme di dalam plak mulut. Garam juga mencegah berkembangnya penyakit mulut ke tahap yang lebih lanjut karena mengandung iodium yang merupakan senyawa yang bersifat antibakteri.

2. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Melansir dari laman resmi yanke.kemkes.go.id, penyakit faringitis atau radang tenggorokan dapat di atasi dengan berkumur-kumur air garam. Garam berfungsi sebagai magnet pada air, sehingga dapat meredakan sakit tenggorokan. Meskipun tidak secara cepat, namun hal ini diakui American Dental Association (ADA) bisa mengurangi sakit tenggorokan.

3. Mengurangi Gejala Eksim

Selanjutnya, merendamkan kaki yang sedang mengalami gejala eksim dengan air garam dapat mengurangi gejala eksim yang terjadi loh. Kandungan larutan garam dapat menjadi antiseptik yang dapat membantu meredakan infeksi pada kaki eksim.  Dengan merendam kaki dengan air garam juga dapat membantu proses penyembuhan

4. Membantu Sistem Pencernaan

Selain dapat mengatasi sakit tenggorokan dan sariawan, tahukah kamu bahwa, garam dapat membantu tubuh dalam memproduksi enzim tertentu dalam sistem pencernaan? Air garam yang kita minum dapat memberikan stimulasi untuk memproduksi asam klorida dan enzim yang bermanfaat dalam mengurai makanan.

5. Rendam Air Garam dapat Mengurangi Insomnia

Sebuah penelitian terhadap sebuah desa di Kabupaten Lamongan menghasilkan bahwa 70 persen dari sampel, tidak mengalami insomnia setelah merendamkan kakinya pada air garam hangat. Merendamkan kaki ke dalam air garam hangat memberikan dampak pada pembuluh darah yang membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Rendaman kaki memengaruhi otot-otot ligamen sehingga dapat membuat sendi-sendi tubuh terelaksasi.

BACA JUGA:   PDIP Tetapkan Ganjar Pranowo Capres 2024

Air garam bermanfaat banyak dalam membantu pengobatan di rumah, jika mengalami sakit yang berlebih tetap utamakan untuk menghubungi dokter ya!

Artikel Terkait