5 Manfaat Sarapan Pagi, Jangan Sampai Terlewat!

Forumterkininews.id, Jakarta – Bagi sebagian orang, sarapan sering disebut “makanan penting” atau sesi yang tidak boleh dilewatkan. Adapun fungsi sarapan pagi adalah untuk mengisi kembali pasokan glukosa dalam tubuh serta meningkatkan energi dalam tubuh.

Dilansir dari betterhealth.vic, banyak penelitian yang telah menjelaskan manfaat dari makan pagi. Diantaranya untuk meningkatkan energi dan kemampuan kerja otak agar bisa berkonsentrasi dalam jangka pendek, membantu me-manage berat badan agar tetap stabil, mengurangi resiko diabetes dan penyait jantung dalam jangka panjang.

Mengapa sarapan dapat dikatakan cukup penting, sehingga banyak ahli gizi menganjurkan agar kita tidak melewatkannya? Masih mengutip dari betterhealth, mereka menjelaskan bahwa glukosa adalah sumber energi manusia. Glukosa diserap dari karbohidrat yang kita makan saat pagi hari untuk memulai aktivitas.

Di pagi hari, setelah kita semalaman tidak makan, maka simpanan glukosa dalam tubuh pun rendah. Sehingga di sinilah fungsi sarapan bekerja untuk mengembalikan glukosa yang hilang dengan menyusun kembali metabolisme dalam tubuh. Di bawah ini 5 manfaat sarapan pagi buat kamu yang masih melewatkan sesi sarapan di pagi hari:

  1.  Sarapan menjadi bahan bakar dalam melakukan aktivitas
    Dilansir dari John Hopkins Medicine, sejumlah orang melewatkan sarapan pagi untuk menghemat watu.Namun, justru cara itu keliru karena tubuh orang yang tidak sarapan lebih gampang lesu dan mudah kelelahan sepanjang hari.Dalam hal ini, sarapan dapat digunakan sebagai bahan bakar energi untuk memulai aktivitas. Misalnya dengan mengonsumsi karbohidrat dan protein, seperti kombinasi sayur bersama susu rendah lemak.
  2. Sarapan membantu mengontrol berat badan
    Orang yang rutin sarapan cenderung tidak mengalami kelenihan berat badan atau obesitas. Dalam beberapa penelitian mengatakan bahwa sarapan pagi dapat membantu mengontrol berat badan, karena dapat mencegah fluktuasi besar dalam kadar glukosa darah, sehingga dapat membantu mengendalikan nafsu makan kita.
  3. Sarapan meningkatkan kekuatan otak|
    Jika tidak sarapan, kita mungkin akan merasa sedikit lesu dan kesulitan untuk fokus pada apa yang kita kerjakan.Ini karena otak kita belum menerima energi (glukosa) yang dibutuhkan untuk bekerja. Bahkan dalam studi mengatakan bahwa dengan tidak sarapan dapat mempengaruhi kinerja mental kita.
  4. Sarapan sehat dapat mengurangi resiko penyakit
    Dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan, mereka yang rutin sarapan cenderung memiliki resiko obesitas dan diabetes lebih rendah. Ada juga beberapa bukti bahwa orang yang tidak sarapan mungkin beresiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular.
  5. Sarapan membantu dalam memilih makanan sehat
    Orang yang sarapan umumnya memiliki pola makan yang lebih sehat, memiliki kebiasaan makan yang lebih baik dan cenderung tidak cepat lapar.

Artikel Terkait

IShowSpeed Naik Ayunan di Pinggir Tebing: Santai, Santai!

FT News - Dalam rangka tur di negara ASEAN, Youtuber...

Sah! Gamers Cantik Listy Chan Mualaf

Nama Listy Chan, gamers cantik yang sempat populer di...

Duo Anggrek Comeback Lewat Mekar: Lebih Fresh

Penghujung tahun 2024, Duo Anggrek yang diawaki Devay dan...

Salim Nauderer Ngaku Selingkuh, Rachel Vennya Diteror Ayah Azizah Salsha?

Ahmad Ramzy, mantan kuasa hukum Salim Nauderer memastikan kalau...