Adidas Baned Nomor 44 Pada Jersey Timnas Jerman

FTNews – Adidas menentang keras atas tipografi yang berada pada nomor punggung timnas Jerman. Adidas yang menjadi brand apparel Jerman sejak 1950 itu memblock penjualan nomor 44 jersey timnas Jerman.

Pasalnya font yang mereka gunakan dalam jersey tim Der Panzer ini sangat mirip dengan lambang SS pasukan Nazi selama perang dunia ke II.

Karena hal itu Adidas mengungkapkan dengan keras melarang supporter timnas Jerman membeli jersey dengan nomor tersebut.

Juru bicara Adidas Oliver Bruggen mengatakan bahwa dengan adanya logo tersebut walau bukan disengaja.

Tetapi patut menjadi sebuah pertanyaan, Adidas akan tetap menjaga brand mereka dari berbagai keterkaitan dengan hal seperti itu.

“Kami sebagai perusahaan berkomitmen untuk menentang xenofobia, anti-semitisme, kekerasan, dan kebencian dalam segala bentuk,” ujar Adidas.

Pemain Timnas Jerman, Jonatan Tah menggunakan nomor punggung 4. (Foto: Instagram/Jonatan)

Dalam hal ini, federasi sepak bola Jerman (DFB) mengatakan akan mengganti tipografi yang dianggap mirip logo SS Nazi.

“DFB memeriksa nomor 0 sampai 9 dan kemudian mendaftarkan nomor-nomor 1 sampai 26 kepada UEFA untuk ditinjau. Tidak ada satupun pihak yang terlibat yang melihat adanya kedekatan dengan simbol Nazi dalam proses pembuatannya,” ujarnya dalam DFB.

Selain itu pihkanya juga sudah memiliki berbagai opsi dalam nomor punggung tersebut. Antara lain akan menggantinya pada nomor 4 yang kental mirip lambang pasukan militer Nazi itu.

Sehingga pada Piala Eropa 2024 mereka sudah memiliki desain baru pada nomor 4 di punggung Timnas Jerman.

SS merupakan salah satu pasukan khusus Nazi yang bertanggung jawab terhadap perang dunia II dengan menghilangkan jutaan nyawa manusia. Pada perang dunia tersebut, pasukan ini sangat besar memiliki anggota hingga 50 ribu unit.

Dan runtuh setelah kekuasaan Nazi kalah pada perang Dunia II itu.

Artikel Terkait