Aki Motor Tiba-tiba Drop, Kenali Penyebabnya!

Forumterkininews.id, Jakarta – Aki merupakan salah satu bagian penting pada motor yang berfungsi sebagai sistem kelistrikan kendaraan. Namun seringkali aki motor bisa drop tiba-tiba.

Bila hal itu terjadi, pengguna harus ketahui penyebab kerusakannya. Salah satu penyebabnya ialah tegangan aki kurang dari 12,4 Volt. Akibatnya motor tidak dapat hidup.

Ada dua tipe aki, yaitu berjenis kering dan basah. Untuk mengatasi aki kering bisa langsung menambah atau mengisi daya. Sementara jenis basah dapat menambahkan airnya.

Selain itu, terdapat beberapa penyebab aki motor drop, seperti kerusakan pada kiprok, spull bermasalah, modifikasi lampu di luar standar, dan kebersihan aki itu sendiri.

Kiprok merupakan salah satu komponen yang berfungsi mengatur tegangan listrik. Apabila tekanannya rendah, maka akan mengakibatkan kekurangan daya. Sebaliknya, jika tekanan terlalu besar dapat menyebabkan aki menggelembung dan tidak dapat diisi daya.

Selanjutnya, Spull bekerja menghasilkan daya listrik melalui magnet di dalamnya. Apabila kiprok normal namun spull nya bermasalah, maka daya listrik yang dihasilkan pun tersendat.

Untuk mengetahui spull bermasalah atau tidak, bisa dilakukan pengukuran tegangan dari arus listrik pada spull sebelum ke kiprok.

Selain itu, modifikasi lampu di luar standar menyebabkan penambahan listrik yang sepeda motor butuhkan ketika beroperasi. Hal tersebut sering kali pengguna kendaraan tidak perhatikan.

Terakhir, aki kotor menyebabkan pengisian daya tidak dapat optimal bagi mesin kendaraan. Pengguna harus secara rutin membersihkan aki khususnya pada sektor terminal.

Artikel Terkait