Alasan Kapolda Metro soal Pemusnahan Barbuk Narkoba

Forumterkininews.id, Jakarta – Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto menegaskan kepada jajarannya jika terdapat kasus penyalahgunaan barang narkotika agar barang bukti segera dimusnahkan. Hal ini guna mencegah para oknum yang memiliki niat jahat untuk memainkan barang tersebut.

Hal ini diungkapkan dirinya saat memberikan sambutan konferensi pers. Terkait pemusnahan barang bukti narkoba, di halaman Ditnarkoba Polda Metro Jaya, pada Selasa (27/6).

“Ada beberapa hal yang perlu kami tekankan betul khususnya kepada Irwasda tentang pemusnahan barang bukti ini. Pertama pemusnahan tidak butuh waktu lama, setelah ada penetapan dari pengadilan segera dimusnahkan. Jangan buat celah atau kesempatan pada oknum-oknum yang punya niat tidak baik,” kata Karyoto.

Selain itu Karyoto juga meminta jajarannya untuk memeriksa betul barang bukti yang akan dimusnahkan. Guna meminimalisir terjadi hilang atau manipulasi barang bukti narkoba.

“Periksa betul barang bukti sesuai berita acara, khususnya barang-barang yang punya nilai ekonomi tinggi misal sabu dan ekstasi. Betul-betul dicocokkan, yang dimusnahkan berapa, diawasi, jangan sampai karena kita anggap hal sepele, yang rutin, dibiarkan saja. Sehingga dikemudian hari ada kejahatan yang terkuat hilangnya atau manipulasi barbuk,” ucap Karyoto.

Sementara itu ia mengungkapkan jika terjadi lolosnya barang bukti narkoba yang dimanipulasi dan beredar ke para pengguna, maka akan menyakiti hati keluarga korban.

“Tentunya kita prihatin melihat barbuk banyak. Kalau barbuk yang banyak ini lolos ke tangan pengguna alangkah sakitnya pata orangtua yg anaknya jadi korban, atau sakitnya keluarga yang apabila orangtua jadi korban juga,” tukas Karyoto.

Sekedar informasi, adapun barang bukti narkoba yang dimusnahkan tim Ditresnarkoba Polda Metro Jaya.

Diantaranya jenis sabu-sabu seberat 34,51 kilogram, ganja seberat 64,55 kilogram. Tembakau sintesis seberat 12,95 kilogram, bibit sintesis seberat 1,02 kilogram, ekstasi sebanyak 23.594 butir, pil PCC sebanyak 1.237.000 Butir, dan Baya sebanyak 8.896.250 Butir.

Artikel Terkait