Anies, RK, atau Kaesang, Pengamat Ungkap Sosok Ini Cocok Sebagai Gubernur Jakarta

FTNews – Nama-nama seperti Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan Kesang sering kali menghiasi pemberitaan media massa sebagai bakal calon gubernur Jakarta.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin mengatakan siapapun yang memimpin Jakarta, dia harus bisa menyelesaikan permasalahan di Jakarta. 

Dia mengatakan, sejatinya membangun demokrasi yang sehat dan kuat menjadi tanggung jawab semua kalangan.

Ujang Komarudin. Foto: Antara

“Dan harusnya yang dimunculkan adalah kepemimpinan yang kapasitas, kapabilitas, moralitas, integritas, yg punya pengalaman, prestasi, leadership yang kuat,” jelas Ujang dalam kanal Youtube Zulfan Lindan Unpacking Indonesia, dikutip Jumat (9/8). 

Meski demikian dalam perspektif politik, Ujang menilai partai memiliki sikap sendiri. Mereka ingin mengusung sosok yang dapat dijadikan gubernur dan wakil gubernur.

Terkini, Anies Baswedan sudah mendapat dukungan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nasdem, dan DPW PKB Jakarta.

Meski demikian, langkah Anies ini disebut akan dijegal, karena KIM tengah berkomunikasi dengan PKS dan Nasdem dan membentuk KIM Plus. Sebab, kedua partai ini termasuk dalam koalisi perubahan dalam Pilpres 2024,

Partai politik di dalam KIM, terdiri atas Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Garuda.

Pertemuan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar di DPP PKB Jakarta, Selasa (6/8/2024) [FT News/Muhamad Nur Alfiyan]
“KIM plus ini koalisi super, jumbo, gemuk yang di mana partai realistis aja, pengen menang, tapi tidak ingin mengeluarkan energi yang berat. Maka ya dengan memborong partai, membangun KIM plus ya agar anis tidak bisa berlayar,” ungkap Direktur Eksekutif Indonesia Political Review.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengungkapkan, komunikasi partainya dengan PKS kerap terjadi.

“Komunikasi itu sangat lancar, bahkan sampai sekarang pun tadi di jam 1, beberapa tim kami juga berkomunikasi langsung dengan PKS,” ungkap Kaesang setelah acara pemberian surat rekomendasi kepada 14 bakal calon kepala daerah di BrickHouse, Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (8/8).

BACA JUGA:   Lazio Gunduli AC Milan Empat Gol di Olimpico

Anies Baswedan
Ketua DPP Nasdem Effendy Choirie (Gus Choi) di kantor PBNU, Jakarta, Rabu (7/8). [FTNews / Muhamad Nur Alfiyan]
Sementara itu, Ketua DPP Nasdem Effendy Choirie atau Gus Choi buka suara perihal rumor partainya akan balik badan dalam pencalonan Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Namun, Gus Choi enggan menanggapi secara pasti rumor tersebut. Dia hanya memberikan kode soal kebenaran rumor itu.

“Mungkin ya. Saya enggak tahu persis. Wong saya enggak ikut lobi, kalian ini. Bau-baunya begitu. Iya kan? Ya bau aja. Bau,” ujarnya setelah menghadiri pemanggilan oleh Tim Panitia Khusus PKB, di kantor PBNU, Jakarta, Rabu (7/8).

Artikel Terkait