Anwar Usman Dicopot dari Jabatan Ketua MK!

Forumterkininews.id, Jakarta – Anwar Usman resmi dicopot dari jabatan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) usai Mahkamah Kehormatan MK ( MKMK) menyebutnya melakukan pelanggaran berat terkait kode etik.

Ketua MKMK Jimly Asshiddiqie membacakan langsung putusan pencopotan Paman Gibran Rakabuming Raka itu dalam sidang yang berlangsung pada Selasa, (7/11) sore.

“Menyatakan hakim terlapor terbukti melakukan Pelanggaran berat terhadap Kode Etik dan pedoman perilaku hakim. Menjatuhkan sanksi pemberhentian dari jabatannya sebagai Ketua MK,”kata Jimly saat membacakan amar putusan.

Baca Juga: MKMK Gelar Sidang Kode Etik, HNW: Putusan Harus Kembalikan Kepercayaan Publik

Pemberhentian Anwar sendiri berkaitan dengan laporan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku hakim soal Putusan Nomor 90/PUU-XXI/2023. Yang memuat putusan batas usia Capres Cawapres 40 tahun atau punya pengalaman jadi kepala daerah.

Anwar pun terbukti melanggar Sapta Karsa Hutama yakni Kode Etik dan Perilaku Hakim Konstitusi.

“Hakim Terlapor (Anwar Usman) terbukti dengan sengaja  membuka ruang intervensi pihak luar dalam proses pengambilan Putusan Nomor 90/PUU-XXI/2023. Dan terbukti melanggar Sapta Karsa Hutama,”tegas Jimly.

Sebagai informasi, Anwar Usman dan 8 hakim MK lainnya dilaporkan oleh sejumlah orang atas dugaan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku hakim terkait putusan perkara tersebut.

MKMK pun telah memeriksa 21 pelapor, 1 ahli, 1 saksi dan 9 hakim MK. 11 diantara laporan tersebut ditunjukkan oleh Anwar Usman.

Hasilnya, MKMK menemukan banyak masalah dalam putusan nomor 90/PUU-XXI/2023 yang diajukan oleh Almas Tsaqibbirru tersebut.

Artikel Terkait

Bobby Nasution: Harimau Medan Zoo Mati Karena Usia Lanjut

FT News – Harimau Sumatera bernama Manis yang mati...

Pilot Susi Air Disambut Istri dan Anak di Jakarta

FT News – Kuasa Hukum Susi Air, Donal Fariz...

Pilot Susi Air Bebas, Kapolri Ucapkan Selamat

FT News – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengucapkan...

Presiden Joko Widodo Apresiasi TNI-Polri Sukses Bebaskan Philip Mark Mehrtens

FT News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi...

Rocky Gerung: Jokowi Akan Crash Landing

FT News – Akademisi yang juga pengamat politik, Rocky...