Arus Balik Lebaran: Volume Kendaraan di GT Kalikangkung Mulai Meningkat

Forumterkininews.id, Semarang – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi meninjau arus balik lebaran di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah.

Firman menyebut arus kendaraan pemudik yang ke arah timur (Jakarta) mulai mengalami peningkatan.

“Kebangkitan arus kita perkirakan sesuai dengan imbauan kita mulai akan diperkirakan naik mulai 6, 7, dan 8 Mei 2022,” ucap Irjen Firman dalam keterangannya, Kamis (5/5).

Firman menuturkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar mengawal masyarakat yang balik dari kampung halaman usai merayakan lebaran di kampung halaman.

Pihak kepolisian, lanjut Firman, fokus untuk mengawal penuh agar arus balik Lebaran 2022 berjalan lancar.

“Jadi kami dengan jajaran di Korlantas dan Polda-polda jajaran tidak ada tugas yang lain kecuali mempersiapkan dengan baik,” jelas Firman.

Firman menambahkan, polisi memiliki kewenangan ‘diskresi’ untuk menentukan rekayasa lalu lintas agar perjalanan para pemudik nyaman dan aman sampai tujuan.

Kebijakan tersebut, lanjut dia, bersifat situasional dan dinamis melihat dari perkembangan-perkembangan di lapangan.

“Kapan waktunya kapan harus satu lajur untuk contra flow kapan harus one way secara keseluruhan,” tutur Firman.

Selain itu, Firman mengajak masyarakat yang melakukan perjalanan arus balik ke ibu kota untuk menyiapkan segala atribut mulai dari fisik, stamina, kendaraan dan kebutuhan bensin, serta makanan. Hal itu agar dalam perjalanan keselamatan tetap terjaga.

Berdasarkan pantauan forumterkininews.id, terjadi kepadatan kendaraan hingga kemacetan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Km 63, meski polisi memberlakukan contra flow satu lajur dari Km 70 hingga km 47 Tol Japek, Karawang, Jawa Barat.

Artikel Terkait