Beraksi di Konser Musik NDX AKA, 5 Anggota Sindikat Copet Lintas Provinsi Ditangkap

FTNews, Sragen— Sindikat copet lintas provinsi yang beraksi saat konser musik NDX AKA di Lapangan Sepak Bola Dukuh Nguwer, Desa Duyungan, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, berhasil ditangkap oleh Polsek Sidoharjo bersama Unit Resmob Polres Sragen.

Kapolres Sragen, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, mengungkapkan, keberhasilan penangkapan ini tidak lepas dari kesigapan dan kerja keras Unit Resmob yang dengan cepat merespons laporan serta melakukan koordinasi dengan Polsek Sidoharjo.

Dalam pengejaran, tim berhasil membuntuti kendaraan pelaku hingga wilayah Palur, Kabupaten Karanganyar, dan melakukan penghentian mobil Toyota Avanza yang mereka gunakan. Di dalam mobil tersebut, polisi menemukan barang bukti berupa empat handphone hasil curian.

“Setelah mendapatkan laporan kejadian dari warga, tim Resmob yang pada saat itu berada di lokasi konser kemudian melakukan pengejaran terhadap kendaraan yang mereka curigai dan berhasil menangkap di wilayah Karanganyar.”

“Setelah dihentikan, ternyata dalam kendaraan tersebut ada 5 orang. Dan setelah dilakukan pemeriksaan lebih dalam, benar bahwa merekalah pelaku pencopetan yang terjadi saat konser, ” jelas AKBP Petrus kepada wartawan, Jumat, (4/10/2024), dikutip dari keterangan Humas Polri.

Dijelaskan AKBP Petrus bahwa kelompok pencopet tersebut terdiri dari lima orang. Mereka berasal dari Bandung, Jawa Barat.

Mereka memanfaatkan keramaian konser yang digelar pada Kamis, 3 Oktober 2024, untuk mencuri empat handphone milik para penonton, termasuk iPhone 8, iPhone 11, Realme 10 Pro+, dan Realme C25Y.

Korban, yang terdiri dari Amanda Cut Eka, Putri Berlian Ningrum, Nova Afdolkasmiran, dan Iksan Afdullah, melaporkan kehilangan handphone mereka kepada petugas kepolisian yang berjaga di lokasi konser.

Berdasarkan laporan tersebut, tim Resmob Polres Sragen segera melacak kendaraan para pelaku.

Tak butuh waktu lama, tepatnya 4 jam setelah kejadian ini diusut, pada Jumat dini hari, tim berhasil membuntuti kendaraan Toyota Avanza yang digunakan para pelaku hingga wilayah Palur, Kabupaten Karanganyar.

BACA JUGA:   PPDB Kota Bandung Dimulai, Aplikasi Transparan Jangan Percaya Calo!

Saat dilakukan pengejaran dan penghentian, petugas menemukan barang bukti berupa empat handphone curian di dalam mobil tersebut. Kelima pelaku yang ditangkap adalah Agung Permana, Ramdani Kurnia Subagja, Yoga Pratama, Ferry Ferdiansan, dan Samsak.

Mereka mengakui telah melakukan aksi pencurian di tengah keramaian konser dan kini diamankan di Polres Sragen untuk proses hukum lebih lanjut.

Kapolres menyampaikan apresiasi atas respon cepat tim dalam menangkap sindikat pencopet ini.***

Artikel Terkait

Presiden Jokowi akan Buka Peparnas XVII Solo, Kepolisian Bagi 3 Ring Pengamanan

FTNews, Surakarta--- Polresta Surakarta, Polda Jateng, menerapkan pengamanan ekstra...

Para Peserta Peparnas Puji Persiapan Tuan Rumah, Venue-Venue Sesuai Standar

FTNews, Solo--- Sejumlah atlet paralimpiade melakukan latihan di salah...

Kontingen 35 Daerah Berpartisipasi pada Peparnas XVII Solo Raya

FTNews, Solo--- Sebanyak 4.386 atlet dan ofisial telah tiba...

Luar Biasa! Tiket Pembukaan Peparnas XVII Solo Raya 2024 Ludes!

FTNews, Solo--- Tiket opening ceremony Pekan Olahraga Paralimpiade Nasional...