Biodata Fadhil Rahmi, Calon Wakil Gubernur Aceh pada Pilkada 2024

 

FT News – Nama Fadhil Rahmi menjadi trending karena menjadi calon Wakil Gubernur Aceh pada Pilkada 2024 mendampingi Bustami Hamzah.

Fadhil Rahmi menjadi Wakil Gubernur Aceh menggantikan Tengku Muhammad Yusuf A Wahab, atau Tu Sop, yang telah meninggal dunia.

Hal ini tentu membuat banyak orang penasaran dengan sosok Fadhil Rahmi dan mulai mencari tahu tentang siapa sebenarnya dirinya, berikut biodata Fadhil Rahmi.

Berdasarkan penelusuran, Fadhil Rahmi Medika seorang politikus, dosen, dan pelatih sepak bola Indonesia yang lahir di Langsa, Aceh, pada tanggal 6 September 1978.

Cawagub Aceh Fadhil Rahmi. Ist/instagram
Latar Belakang Keluarga
  • Ayah: Abdul Gani, berasal dari Kecamatan Kuala dan Jangka, Kabupaten Bireuen.
  • Ibu: Khadijah, berasal dari Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara.
  • Pendidikan
    TK Aisyiah Bireuen: 1984
    MIN Bireuen: 1990
    MTs Darul Arafah: 1993
    MAS Darul Arafah: 1996
    Universitas Al-Azhar: 2008.
Karier

Dosen dan Pelatih Sepak Bola: Pada tahun 2009, setelah pulang dari Mesir, Fadhil menjadi dosen dan pelatih sepak bola di STAIN Cot Kala, Langsa.
Asisten Fasilitator PNPM Aceh Timur: 2009-2011.

Aktivitas Organisasi

Fadhil tercatat pernah aktif di 17 organisasi, mulai dari Bidang Minat Bakat PPMI (Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia) Mesir 1997-1998 hingga menjadi Authorized Agent Malaysia Airlines (2002-2006), bendahara PanPel Liga Primer Indonesia (LPI) Tim Atjeh United FC (2011), dan lain-lain.

Pengalaman Politik

  • Anggota DPD RI: Fadhil Rahmi adalah anggota DPD Republik Indonesia untuk periode 2019-2024.
  • Calon Wakil Gubernur Aceh: Fadhil Rahmi merupakan calon wakil gubernur Aceh di Pilkada 2024.

Persahabatan dengan Ustadz Abdul Somad

Fadhil Rahmi memiliki persahabatan yang erat dengan Ustadz Abdul Somad, Lc. MA. Mereka sering berada bersama dalam tabligh akbar dan kegiatan lainnya.

BACA JUGA:   Pihak Keluarga Kecam KPK Gegara Tidak Bisa Kunjungi Lukas Enembe

Persahabatan antara Fadhil Rahmi dan Ustadz Abdul Somad (UAS) bermula dari masa kuliah mereka di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Fadhil Rahmi saat bertemu dengan pemuka agama di Aceh. Ist/Instagram

Kedua orang ini sama-sama menimba ilmu di Darul Arafah, Sumatera Utara, dan Universitas Al-Azhar, yang merupakan tempat Ustadz Abdul Somad menimba ilmu.

Persahabatan ini telah berlangsung lama dan mereka sering berada bersama dalam tabligh akbar dan kegiatan lainnya. Fadhil Rahmi kerap mendampingi tabligh akbar Ustad Abdul Somad di Aceh, menunjukkan kekuatan persahabatan mereka yang mendalam dan berkelanjutan.

Artikel Terkait