Boneka Labubu Yang Mendadak Viral Berkat Lisa Blackpink
Lifestyle

FT News - Belakangan ini berseliweran di akun media sosial orang mengantre di Pop Mart berebut untuk mendapatkan koleksi terbaru boneka Labubu karakter lucu dari seri "The Monsters".
Dengan wajah imutnya, boneka Labubu ini seketika menjadi pusat perhatian penggemar K-Pop dan kolektor mainan, terutama setelah Lisa memamerkan koleksinya di media sosial.
Labubu merupakan salah satu karakter The Monster yang diciptakan oleh Kasing Lung, seorang seniman asal Hong Kong. Selain Labubu, karakter lain dalam The Monster termasuk Zimomo, Tycoo, dan Spooky. Namun, Labubu adalah yang paling terkenal di antara mereka.
Baca Juga: Deepika Padukone dan Lisa BlackPink Hadir di acara Louis Vuitton
Kasing Lung menciptakan The Monster pada 2015 lalu, terinspirasi dari mitologi Nordik dan Viking. Berdasarkan kisahnya, Labubu digambarkan sebagai seorang gadis baik hati namun sering melakukan hal-hal buruk tanpa disengaja. Ekspresi nakalnya disebut 'kooky' oleh para penggemarnya.
Boneka Labubu Boneka Labubu. [Ist]Popularitas Labubu kian melonjak pada 2019, kala itu Pop Mart mendapatkan lisensi eksklusif untuk memproduksi dan menjual karakter-karakter The Monster. Boneka Labubu kini hadir dalam berbagai variasi dan dijual dengan harga mulai dari Rp300 ribuan hingga Rp14,5 juta, tergantung jenis dan ukurannya.
Labubu kini menjadi fenomena global yang lebih dari sekadar mainan. Boneka ini dinilai sebagai barang koleksi bernilai investasi yang diincar para kolektor di seluruh dunia. Orang-orang rela merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan varian eksklusif atau edisi terbatas yang sulit ditemukan di pasaran. Pada marketplace seperti, Labubu varian eksklusif bisa dijual dengan harga fantastis yang jauh dari harga aslinya.
Baca Juga: Potret Lisa Blackpink Pamer Motoran dengan Honda Beat, Auto Banjir Komentar
Kepopuleran Labubu meluas sampai ke berbagai negara, termasuk Indonesia, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan negara Asia lainnya. Bahkan di Thailand, pemerintah setempat mengeluarkan imbauan untuk mewaspadai penipuan terkait Labubu palsu karena banyaknya orang yang memperjual belikan boneka ini.
Boneka Labubu Boneka Labubu. [Ist]Konsep blind box dari Pop Mart juga menjadi salah satu faktor yang mendorong popularitas Labubu. Saat membeli boneka tersebut, mereka sama sekali tidak tahu varian apa yang akan didapatkan.
Ini menciptakan sensasi yang serupa dengan lotere, sehingga orang-orang terus tergerak untuk membeli sampai mendapat varian yang mereka inginkan. Belum lagi dengan adanya varian eksklusif yang langka.