Bukan Djojohadikusumo, Ini Alasan Kakek Prabowo Sematkan Subianto di Belakang Namanya

FTNews - Asal usul nama Prabowo Subianto, yang kini menjadi calon presiden nomor urut 2, ternyata memiliki kenangan tragis yang lekat dengan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Dalam sejumlah pemberitaan, Prabowo Subianto mengemukakan asal usul namanya terkait erat dengan cerita gugurnya almarhum adik ayahnya di dalam perang kemerdekaan Republik Indonesia.

“Orangtua saya, Pak Soemitro punya adik laki-laki yang gugur waktu perang kemerdekaan. Yang satu sebagai taruna di Akmil Tangerang, namanya Suyono, gugur umur 16 tahun bersama dengan Daan Mogot pada Peristiwa Lengkong, Januari 1946,” katanya pada November 2021 silam.

Selain Suyono, ia mengemukakan ada satu lagi pamannya yang juga gugur dalam pertempuran. Prabowo menjelaskan bahwa kakak dari Suyono tersebut merupakan perwira polisi istimewa.

“Yang banyak tidak tahu. Paman saya yang satu lagi, kakaknya Suyono. Namanya Subianto. Itulah nama yang saya sandang sekarang, Prabowo Subianto,” katanya.

Prabowo mengatakan, Subianto bergabung dengan korps Bhayangkara di kesatuan Polisi Istimewa, yang kemudian menjadi cikal bakal Brimob.

“Subianto itu dari Agustus 1945 tergabung dalam Polisi Istimewa. Polisi Istimewa adalah cikal bakal dari Brimob. Jadi, bisa dikatakan bahwa paman saya ya memang korps Brimob,” lanjutnya saat menerima gelar Warga Kehormatan Brimob.

Sementara itu dari sumber lain menyebut bahwa Prabowo mengemukakan, pemberian nama Subianto tersebut dilakukan oleh sang kakek, Margono Djojohadikusumo.

Margono sendiri merupakan pengikut Budi Oetomo yang juga pernah menjadi Anggota BPUPKI dan tercatat sebagai pendiri Bank Negara Indonesia (BNI).

Dilansir Gerindra TV, nama belakang anak kedua Sumitro Djojohadikusumo ini disematkan Subianto karena sang kakek berharap Prabowo bisa melanjutkan cita-cita perjuangan paman-pamannya yang meninggal dalam Pertempuran Lengkong pada Januari 1946.

BACA JUGA:   Hari Ini Bacawapres Pendamping Ganjar Diumumkan, Hasto: Sabar, Tunggu Saja

“Akhirnya waktu saya lahir, saya diberikan nama Prabowo Subianto agar seolah-olah menggantikan anaknya (Margono) yang gugur untuk meneruskan cita-cita mereka,” kata Prabowo.

Prabowo sendiri mengaku bahwa di masa kecilnya banyak dipengaruhi oleh ajaran sang kakek.

“Waktu itu (masa kecil), saya banyak dipengaruhi kakek saya, Pak Margono seorang pejuang perintis kemerdekaan,” katanya.

Artikel Terkait

Silaturahmi ke Rumah Nachrowi Ramli, Ridwan Kamil Disuguhi Tape Uli

FTNews - Pasangan calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono disuguhi...

Gaji KPPS Pilkada Turun dari Pilpres, KPU Ungkap Alasannya

FTNews - Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 akan terjadi...

Ahmad Dhani: Menang Pileg Bukan Karena Pendukung Jokowi

FT News – Musisi Ahmad Dhani membagikan cerita di...