Copet Beraksi di Malam Tahun Baru di Bundaran HI

Forumterkininews.id, Jakarta – Perayaan malam Tahun Baru 2023 di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (31/12), diramaikan oleh banyaknya copet yang mengambil handphone (HP) dan barang berharga lainnya.

Namun banyak yang menjadi korban dari pengunjung, mengaku telah kehilangan HP setelah dicopet dan dijambret oleh pelaku.

Aksi pencopetan terjadi sebelum pergantian tahun, tepatnya sekitar pukul 22.00 Wib hingga setelah melewati pukul 00.00 WIB. Polisi tidak bisa berbuat banyak setelah banyaknya korban yang melapor ke pos polisi bundaran HI.

Sekitar pukul 00.30 Wib, pantauan forumterkininews.id di bundaran HI, sekitar 10 orang korban yang HP miliknya hilang dicopet oleh pelaku berusaha membuat laporan ke pos polisi (Pospol). Namun pihak kepolisian enggan menerima, dan mengarahkan ke Polsek Menteng, Jakarta Pusat.

“Kalau mau buat laporan tidak bisa kesini, tapi harus ke Polsek Menteng,” kata salah satu petugas kepolisian yang berjaga di Pospol, Minggu (1/1/2023) dini hari.

Sejumlah korban mengaku ponsel miliknya diambil pelaku saat disimpan di kantong celana. Para korban mengatakan saat pelaku melancarkan aksinya, tidak sadar kalau HP sudah tidak ada di kantong.

Cerita Korban

Salah seorang korban bernama Erni (20) menceritakan awalnya setelah mengambil gambar, terus ponsel miliknya disimpan di kantong, tak lama, HP miliknya langsung raib dibawa pelaku. Ia tidak sadar jika ponsel miliknya telah dicopet.

“Awalnya lagi jalan di depan halte Busway, posisi HP disimpan di kantong setelah mengambil gambar. Pas mau cek dan ambil HP di kantong, ponsel miliknya sudah diambil pelaku copet. Jadi sudah hilang tiba-tiba,” ujarnya kepada forumterkininews.id, Minggu (1/1).

Ia baru sadar saat hendak mengambil HP di kantong celana, kemudian langsung panik mencari ponsel yang ternyata sudah diambil pelaku jambret atau copet di tengah kerumunan perayaan malam Tahun Baru 2023.

BACA JUGA:   Takjub! Masyarakat Antusias Saksikan Parade HUT TNI ke-78

Aksi pencopetan itu membuat resah para pengunjung yang merayakan dan menghabiskan malam tahun baru di bundaran HI.

Para pelaku yang melancarkan aksinya setelah pukul 00.00 WIB, bisa bebas berkeliaran, tanpa dilakukan tindakan oleh pihak kepolisian. Hal itu berdasarkan pengakuan sejumlah korban yang hendak membuat laporan ke pospol Thamrin atau Bundaran HI.

“Nah, terus pas saya cari hapenya dengan buat laporan ke polisi di Pospol, tiba-tiba banyak juga pengunjung lain yang mengalami kehilangan hape,” katanya setelah melihat video yang menunjukan pelaku pencopetan

“Iya hape saya dan ada bukti video yang diduga pelaku,” kata korban lain sambil memperlihatkan video ke sesama korban pencopetan.

Kata korban lain, bahwa kejadian tersebut terjadi pukul 00.15 Wib.

Diketahui, sebelum pergantian tahun sekitar pukul 22.30 Wib, seorang lelaki paruh baya harus menahan malu lantaran ketahuan mengambil dua ponsel sekaligus dari korbannya.

Tak lama berselang, petugas kepolisian yang berjaga langsung mengamankan pria itu dan membawanya ke Pos polisi MH Thamrin. Namun pelaku copet lain belum berhasil ditangkap.

Artikel Terkait