Dampingi Jokowi, Menkominfo Johnny Plate Mangkir dari Pemeriksaan Kejagung

Forumterkininews.id, Jakarta – Menkominfo Johnny G Plate hari ini batal diperiksa alias mangkir dari pemanggilan penyidik Jampidsus Kejaksaan Agung (Kejagung). Terkait perkara dugaan korupsi penyediaan infrastruktur atau menara Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Tahun 2020 sampai 2022.

Johnny Plate tidak bisa hadir pemeriksaan. Alasannya tengah mendampingi Presiden Jokowi Widodo menghadiri puncak perayaan Hari Pers Nasional 2023 di Medan, Sumatera Utara (Sumut).

“Saya mendapat surat yang dikirim oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika. Terkait dengan ketidakhadiran daripada saksi JGP ( Johnny G Plate),” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Ketut Sumedana dalam keteranganya di Kejagung, Kamis (9/2).

Selain itu, alasan lain, Johnny juga dijadwalkan mewakili pemerintah dalam rapat kerja bersama DPR RI pada Senin (13/2) pukul 13.00 WIB. Terkait soal rancangan perubahan kedua Undang-undang No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

“Mewakili pemerintah dalam rapat kerja dengan Komisi 1 DPR RI yang diagendakan penjelasan pemerintah terhadap Rancangan Undang-undang tentang perubahan kedua Undang-undang No 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik,” jelasnya.

Karena hari ini Johnny tidak hadir, maka penyidik Jampidsus melayangkan surat pemanggilan yang kedua terhadap politikus Partai Nasdem itu.

“Jadi pada hari ini beliau (Johnny) tidak jadi diperiksa. Namun demikian kami dari tim penyidik akan melayangkan surat kembali sesuai dengan jadwal yang disampaikan oleh beliau,” tuturnya.

Tim penyidik Kejagung akan menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan ulang kepada Johnny pada 14 Februari 2023. Pada tanggal tersebut, Johnny akan dipanggil untuk datang pada pukul 09.00 WIB.

“Artinya, beliau juga menyampaikan bahwa akan hadir dan sanggup hadir pada Selasa, 14 Februari 2023. Biasanya kita memanggilnya jam 09.00 WIB,” ujarnya.

Artikel Terkait