Dari Vatikan, Paus Fransiskus Sampaikan Bela Sungkawa kepada Korban Tragedi Kanjuruhan

Forumterkininews.id, Jakarta – Paus Fransiskus turut meyampaikan bela sungkawa dan mendoakan korban dalam tragedi Stadion Kanjuruhan Malang usai laga Arema melawan Persebaya pada Sabtu (1/10). Pemimpin Gereja Katolik sedunia tersebut memanjatkan doanya dari balik jendela yang menghadap ke St. Peter’s Square di Vatikan, Roma, pada Minggu (2/10).

“Saya berdoa untuk mereka yang kehilangan nyawa dan yang terluka akibat bentrokan yang pecah setelah pertandingan sepak bola di Malang, Indonesia,” ujar Paus Fransiskus, dilansir Vatican News.

Tragedi Kanjuruhan memang menarik perhatian internasional. Sejumlah media asing, mulai dari CNN hingga The New York Times, menyoroti tragedi yang menewaskan setidaknya 125 orang tersebut. Dengan angka korban begitu tinggi, tragedi Kanjuruhan ini tercatat sebagai insiden di stadion sepak bola paling mematikan kedua sepanjang sejarah.

Kericuhan ini bermula ketika skuad tuan rumah, Arema FC, dinyatakan kalah dalam laga melawan Persebaya dengan skor 2-3.

Tak terima, sejumlah pendukung Arema turun dari tribun penonton ke tengah lapangan. Karena situasi kian kacau, kepolisian sempat mengadang penonton, kemudian menembakkan gas air mata. Namun, gas air mata itu tak hanya ditembakkan ke arah pendukung yang turun ke lapangan, tapi juga ke tribun penonton. Para pengunjung pun panik.

Massa lantas berdesak-desakan keluar dari stadion. Di tengah kepanikan itu, banyak penonton mengalami sesak napas, terjatuh, dan terinjak-injak hingga tewas.

Artikel Terkait

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...

Kena Tinju IShowSpeed, Seorang Fans Lionel Messi Ini Berubah Pikiran

FT News - Saat ini, seorang Youtuber IShowSpeed sedang mengunjungi...

14 Negara Bela Israel Tolak Resolusi PBB ke Palestina

FT News – Sebanyak 14 negara membela Israel dan...