Dengan Tegas Nova Arianto Tidak Lihat Hasil Tim U-16

FTNews – Tim Garuda Muda berhasil menekuk PSS Sleman U-16 di Lapangan YIS, Monjali, Yogyakarta (25/5). Pelatih Nova Arianto Tidak Lihat Hasil Tim U-16 yang berhasil membuat skor 5-1.

Ajang uji coba tersebut dalam mengembangkan skuat pemain muda Indonesia ini berhasil memperlihatkan perkembangan. Walaupun begitu, apa yang menjadi hasil akhir tim, Nova tidak begitu mengutamakan.

“Saya tidak melihat hasil, yang ingin saya lihat adalah etos kerja pemain. Apa yang saya mau, saat bertahan, saat menyerang, dan transisi. Itu yang mau saya lihat dari pemain. Karena saya memilih pemain bukan melihat background mereka main dimana, tapi pemain yang benar-benar bisa bermain sesuai dengan filosofi saya,” ujar asisten pelatih timnas Indonesia tersebut dalam PSSI.

Pelatih tim U-16 Indonesia, Nova Arianto. (Foto: PSSI)

Dalam pertandingan tersebut, Nova benar-benar melihat kinerja setiap pemain yang ada. Karena ia menginginkan pemain dengan standar yang dapat memenuhi strategi miliknya dalam ajang mendatang.

Mantan pemain Persib Bandung 2007 ini melihat cara bermain dengan apa yang sudah ia perintahkan sebelumnya kepada pemain. “Kita juga sudah masuk ke taktikal dan mencari formasi terbaik kita. Semua pemain mendapatkan kesempatan yang sama untuk main dan kita lihat siapa yang bisa masuk ke tim ini,” ungkap Nova.

Catatan Nova

Tim U-16 Indonesia uji coba dengan PSS Sleman U-16. (Foto: PSSI)

Walaupun sudah bermain dengan cukup baik, pelatih kelahiran Semarang ini tetap mencatat apa yang menjadi kekurangan tim. Karena nantinya ia harus tetap memperbaiki tim sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Dalam pertandingan tersebut berbeda dengan umumnya. Mereka membagi jadi tiga babak, dengan 30 menit setiap pertandingan. Sehingga para pemain mendapatkan kesempatan dan waktu bermain yang cukup.

“Secara garis besar, pemain sudah memahami apa yang saya dan tim pelatih mau, namun ada beberapa poin-poin yang harus diperbaiki dan itu menjadi catatan kami para pelatih untuk dijadikan perbaikan, agar tim ini semakin siap.” ujar mantan pemain Sriwijaya 2011 tersebut.

BACA JUGA:   Nova Arianto Katakan Garuda Muda Sudah Berubah
Tim U-16 Indonesia. (Foto: PSSI)

Karena tim U-17 ini juga akan memiliki proyeksi dalam ajang besar yang akan mereka hadapi. Mulai dari skala AFF hingga AFC yang siap menunggunya, selain itu juga tidak mereka pungkiri bahwa sekelas Piala Dunia menjadi target kedepannya.

Artikel Terkait

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...

Kena Tinju IShowSpeed, Seorang Fans Lionel Messi Ini Berubah Pikiran

FT News - Saat ini, seorang Youtuber IShowSpeed sedang mengunjungi...