DPR Usul Harus Ada Aturan Jualan di Medsos

Forumterkininews.id, Jakarta- Maraknya kegiatan perdagangan di media sosial saat ini sedang menjadi sorotan lantaran dianggap menjadi salah satu penyebab tutupnya sejumlah toko pedagang di pasar.

Menyikapi hal itu, Ketua Komisi VI DPR Faisol Riza merasa perlunya aturan berjualan di media sosial.

“Bagaimanapun juga itu adalah aktivitas bisnis yang memerlukan pengaturan supaya ada perlindungan kalau ada masalah di kemudian hari,” kata  Faisol dalam keterangannya, Minggu (24/9).

Baca Juga: Bulan Depan, DPR Kejar Target Putuskan Biaya Haji 2024

Faisol  menyebut aturan berjualan perlu dibentuk untuk perlindungan sesama pelaku usaha. Selain itu, agar tidak merugikan antara pedagang satu dan lainnya.

Diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi)  menyebut kementerian terkait akan membuat aturan mengenai e-commerce berbasis media sosial. Jual beli secara online di media sosial mulai berdampak anjloknya pendapatan pedagang di pasar.

“Ini baru disiapkan. Itu kan lintas kementerian dan ini memang baru difinalisasi di Kementerian Perdagangan,” ujar Jokowi dalam keterangannya, Sabtu (23/9).

Hal itu disampaikan Jokowi setelah meninjau penanganan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Jokowi mengatakan jualan secara online menggunakan medsos ini harus segera diatur karena dapat berdampak pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia serta aktivitas perekonomian di pasar.

Artikel Terkait