Festival HAM 2021, Komitmen Pemerintah Wujudkan Ramah HAM

Forumterkininews.id, Semarang – Festival Hak Asasi Manusia (HAM) 2021 merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam mewujudkan kabupaten/kota yang ramah HAM. Kantor Staf Presiden (KSP) pun antusias melibatkan diri dalam gelaran yang diinisiasi International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) dan Komnas HAM tersebut.

“Dalam pidato peringatan hari HAM Internasional 2020, Presiden Jokowi kembali memberi apresiasi inisiatif Festival HAM, yang sejatinya adalah festival kabupaten/kota HAM sebagai upaya untuk mengarusutamakan pelaksanaan dan tanggung jawab HAM di daerah,” demikian dikatakan Deputi V Kepala Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodhawardhani usai penandatanganan kerjasama dan Kick-Off penyelenggaraan Festival HAM 2021, di Semarang Senin (18/10).

Festival HAM 2021 akan digelar secara daring dan luring pada 16-19 November 2021 di Semarang dengan mengusung tema “Bergerak Bersama Memperkuat Kebinekaan, Inklusi dan Resiliensi“. Diharapkan kegiatan ini bisa menjadi kekuatan bersama untuk memenangkan peperangan melawan COVID-19, serta bangkit dan bertumbuh mewujudkan visi Indonesia 2045.

Jaleswari menambahkan, pemerintah daerah menjadi ujung tombak dalam masalah HAM, karena lebih tahu denyut nadi dan dinamika warga dari kampung ke kampung dan dari hari per hari. “Kedekatan fisik dan keterikatan pemerintah daerah dengan dengan warga harus dimanfaatkan dengan dimaksimalkannya dialog menuju partisipasi warga yang substantive,” katanya.

Dia menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang ikut terlibat dalam persiapan dan pelaksanaan festival HAM 2021. “Semoga agenda ini menjadi forum bagi pemerintah daerah dan stakeholder HAM untuk saling mendukung dan menginspirasi, bahwa di tengah pandemi negara tetap hadir melindungi dan memenuhi hak-hak warga,” tegas Jaleswari. (*)

Artikel Terkait