FIFA Akan Putuskan Nasib Sepakbola Israel Dalam Waktu Dekat

FT News – Setelah penantian lama, FIFA akan putuskan nasib Israel Football Association setelah digugat oleh Palestine Football Association. Gugatan tersebut terkait dengan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang berlangsung di Gaza, Palestina.

“Palestine Football Association (PFA) mengonfimasi bahwa telah menerima penilaian hukum independen terkait proposal PFA untuk menyanksi Israeli Football Association atas pelanggaran aturan FIFA dan internasional,” tulis PFA dalam sebuah keterangan.

Selain itu, federasi sepakbola tersebut mengapresiasi profesionalitas dan ketidakberpihakan FIFA dalam menangani kasus ini.

“PFA masih percaya akan keadilan akan permasalahan ini,” lanjut mereka.

Rencananya, FIFA akan mengadakan rapat untuk menyelesaikan pada Kamis, 3 Oktober 2024 yang akan datang.

“PFA menanti dengan sabar akan keputusan akhir, yang akan diumumkan oleh Dewan Fifa pada 3 Oktober, dengan percaya diri bahwa proses ini akan menuju keadilan bagi sepakbola Palestina dan atletnya,” tutup mereka.

Ini merupakan langkah yang besar bagi PFA. Pasalnya, FIFA sudah menunda penangguhan sepakbola Israel sudah sebanyak tiga kali dalam tahun ini.

Timnas Palestina saat menghadapi Australia, 11 Juni 2024. Foto: Instagram/fopwa

Awalnya, mereka seharusnya mengumumkan hasil keputusannya pada FIFA Congress pada bulan Mei silam. Lalu, mereka menundanya dan akan menumumkannya pada Rapat Luar Biasa FIFA pada 20 Juli.

Tetapi, mereka menundanya kembali. Kali ini, mereka berjanji akan mengumumkan hasilnya sebelum 31 Agustus. Lagi, FIFA kembali menundanya tanpa alasan yang jelas.

BACA JUGA:   Minggu Pagi, Kualitas Udara Jakarta Berpolusi ke-2 di Dunia

Untuk keempat kalinya, FIFA menjanjikan akan mengumumkan hasil keputusannya pada 3 Oktober 2024 yang mendatang.

Artikel Terkait