Hari ini, Komnas HAM Periksa Tiga Perwakilan Terkait Tragedi Kanjuruhan

Forumterkininews.id, Jakarta – Komnas HAM akan memeriksa tiga perwakilan dari PT Liga Indonesia Baru (LIB), PSSI, dan Direktur Utama Indosiar. Mereka diminta keterangan terkait tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, pada Kamis (13/10).

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam mengatakan terkait pemanggilan ini, PT LIB dipastikan tidak dapat memenuhi panggilan. Pasalnya, dia sedang ada pemeriksaan bebarengan di Polda Jatim.

“PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum dapat memenuhi panggilan karena ada pemanggilan pemeriksaan berbarengan di Polda Jatim,” kata Choirul Anam, saat dikonfirmasi, pada Rabu (13/10).

Lebih lanjut ia memastikan pihak PSSI dan Direktur Utama Indosiar akan memenuhi panggilan ini.

“Jadi hari ini broadcasternya dan PSSI InsyaAllah datang (memenuhi panggilan),” ujar Choirul Anam.

Sementara itu dalam pemenuhan panggilan ini diharapkan PSSI tidak hanya diwakili Ketua Umum, tetapi juga juga komisi-komisi PSSI.

“Kenapa ini penting termasuk komisi-komisinya, karena beberapa yang kami temukan di lapangan itu berurusan dengan aktivitas dan kewenangan dari para komisi,” ucap Choirul Anam.

Fokus Komnas HAM dalam pemeriksaan kali ini adalah memperdalam tata kelola sepakbola, dan hubungan sepakbola dengan keamanan. Selain itu juga mengenai pengaturan, kewenangan, dan pengawasan terhadap perencanaan dan  penyelenggaraan.

“Karena salah satu yang paling menjadi perhatian kita semua adanya teman-teman keamanan yang membawa gas air mata, dengan aturan-aturan yang ada di persepakbolaan itu yang mau kita dalami,” kata Choirul Anam.

Artikel Terkait

Saat Banjir Rob Melanda, Remaja di Belawan Malah Tawuran

FT News - Meski banjir rob melanda kawasan pesisir...

Tersangka Sempat Beli Gorengan Sebelum Perkosa-Bunuh Gadis Penjual Gorengan

FT News - Polisi mengungkap kronologi pemerkosaan dan pembunuhan...

Edarkan Ganja, Pria Paruh Baya di Langkat Dicokok Polisi

FT News - Polisi menangkap seorang pengedar narkoba jenis...