Hari ini, TikTok Shop Indonesia Resmi Ditutup!

Forumterkininews.id, Jakarta – Platform Media Sosial TikTok resmi menutup layanan TikTok Shop di Indonesia hari ini, Rabu (4/10) pukul 5 sore.

“Kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di TikTok Shop Indonesia mulai tanggal 4 Oktober 2023 pukul 17:00 WIB,”kata TikTok Indonesia dalam keterangan resminya.

Selain itu, TikTok Indonesia juga menyebut akan tetap bekerja sama dengan pemerintah untuk menemukan cara terbaik agar dapat melayani penggunanya.

“TikTok Indonesia mengambil keputusan ini karena harus mematuhi peraturan dan hukum yang ada di Indonesia,”imbuh mereka.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan telah melarang platform social commerce seperti TikTok Shop ini dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik pada 26 September lalu.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan juga telah memberikan waktu selama tujuh hari kepada TikTok untuk menyelesaikan surat-surat perihal ini.

Walau TikTok Shop tutup, TikTok sendiri masih bisa memberikan promosi atau iklan. Hanya saja,  tidak lagi melayani untuk transaksi jual-beli. Namun, TikTok Indonesia tetap berkomitmen untuk memenuhi pesanan yang telah dan sedang berlangsung.

Akan tetapi, untuk pesanan yang tertunda pada tanggal 5 November akan dibatalkan oleh TikTok.

Dalam pengumumannya juga, TikTok menyatakan bahwa prioritasnya adlah tetap mematuhi peraturan perundang-undangan setempat. Di mana TikTok Indonesia bekerja sama dengan regulator dalam memastikan TikTok Shop mematuhi semua persyaratan.

Artikel Terkait

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...

Kena Tinju IShowSpeed, Seorang Fans Lionel Messi Ini Berubah Pikiran

FT News - Saat ini, seorang Youtuber IShowSpeed sedang mengunjungi...

Live Streaming di Indonesia, Youtuber IShowSpeed Sampai Dibikin Nangis!

FT News - Seorang Youtuber asal Amerika Serikat (AS), IShowSpeed,...

Respon Polos Orang Indonesia saat Bertemu Youtuber Speed: Dia Siapa?

FT News - Youtuber Speed atau IShowSpeed sedang berkunjung...