Hati-hati! Pembalut Curah Tak Layak Pakai Berseliweran di “e-Commerce”

Forumterkininews.id, Jakarta – Kaum hawa perlu waspada! Beberapa hari lalu, viral sebuah unggahan di media sosial X yang dulunya Twitter, terkait penjualan pembalut curah yang tak layak pakai.

Dalam unggahan tersebut, berisi gambar penjualan pembalut curah yang tak layak pakai di e-commerce dengan harga murah di bawah harga normal pasaran. Penjualannya pun termasuk laku, karena banyak sekali yang membeli.

Pembalut-pembalut tersebut patut dipertanyakan kualitasnya, karena kemungkinan pembalut yang dijual tersebut tidak lolos quality control, kedaluwarsa, atau terkontaminasi. Sehingga akan berisiko bagi penggunanya.

Sebuah penelitian di tahun 2019 mengamati 11 merek pembalut dan empat merek popok. Pembalut dan popok tersebut kemudian diuji dengan empat jenis ftalat dan tiga jenis volatile organic chemicals (VOC). Penelitian tersebut menemukan berbagai bahan berbahaya di sejumlah merek pembalut dan popok sekali pakai.

Ada dua jenis ftalat, DBP dan DEHP pada semua merek pembalut dan popok tersebut. Kedua ftalat tersebut merupakan racun reproduksi dan perkembangan.

Paparan VOC berupa Xylene, Toluena, dan Metilen Klorida terdapat pada merek-merek tersebut. Hal ini dapat menyebabkan pusing, iritasi kulit dan reaksi alergi hingga kerusakan ginjal dan saraf pusat.

Karena penggunaan pembalut dan popok bersentuhan langsung dengan alat kelamin dalam jangka waktu yang lama, sehingga terdapat kemungkinan sejumlah VOC atau ftalat dapat diserap ke dalam sistem reproduksi.

Tingkatkan Risiko Penyakit

Selain itu, produk kedaluwarsa pada pembalut dapat menghilangkan kemampuan menyerap aliran darah haid sehingga bisa menyebabkan kebocoran. Pembalut yang telah kedaluwarsa juga mengandung banyak kuman dan dapat meningkatkan risiko penyakit vaginosis bakterialis atau infeksi saluran kemih.

Maka dari itu, sebagai wanita kita perlu menjamin kebersihan yang maksimal untuk organ reproduksi. Periksalah tanggal kedaluwarsa dan pastikan untuk mengganti pembalut setiap empat jam atau bergantung banyaknya aliran darah sewaktu menstruasi.

BACA JUGA:   Bharada Richard Eliezer Tidak Dipecat Sebagai Anggota Polri

Meskipun pembalut curah memiliki harga yang murah, jangan sampai kita tergiur!

Kualitas yang terdapat dalam pembalut curah tersebut tidak jelas. Prioritaskan memilih produk sanitasi wanita yang berkualitas untuk menjaga kesehatan organ reproduksi kita!

Artikel Terkait