Independen vs Koalisi Partai: Dua Pasangan Calon Mendaftar di Pilkada Banda Aceh 2024

FT News – Dua pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota mendaftar ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh, Selasa (27/8/2024).

Pasangan Zainal Arifin dan Mulia Rahman maju di Pilkada Banda Aceh melalui jalur Independen.

Zainal merupakan Wakil Wali Kota Banda Aceh 2014-2017 dan 2017-2022. Sedangkan Mulia merupakan Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Aceh.

Sementara itu, pasangan Aminullah Usman dan Isnaini Husda mencalonkan diri melalu jalur gabungan partai politik, yakni PAN, Partai Demokrat, dan PKB.

Aminullah adalah Wali Kota Banda Aceh 2017-2022 yang juga Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Banda Aceh. Isnaini adalah Wakil Ketua DPRK Banda Aceh 2019-2024 dan juga Ketua Partai Demokrat Kota Banda Aceh.

Ketua KIP Kota Banda Aceh, Yusri Razali menyatakan bahwa setelah pendaftaran, pihaknya akan meneliti dan memverifikasi persyaratan dari kedua pasangan tersebut. Jika persyaratan terpenuhi, mereka akan melanjutkan ke tahap tes kesehatan dan uji kemampuan membaca Al Quran.

“Nantinya hasil verifikasi ditentukan, apakah memenuhi syarat atau tidak. Bagi yang memenuhi persyaratan, maka pendaftaran diterima. Selanjutnya, pasangan memenuhi syarat mengikuti tes kesehatan dan uji mampu baca Al Quran,” kata Yusri, dikutip dari Antara.

Bakal Calon Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin mengatakan ia bersama Mulia Rahman akan memprioritaskan peningkatan sumber daya manusia jika terpilih pada Pilkada 2024.

“Kami juga memprioritaskan pengentasan kemiskinan, peningkatan nilai jual produk kuliner serta menghasilkan perikanan berorientasi ekspor. Kepemimpinan kami nanti berorientasi kepada ibadah, bukan politik,” ucapnya.

Hal serupa disampaikan Bakal Calon Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman. Dirinya berkomitmen meningkatkan perekonomian masyarakat jika terpilih pada pilkada nanti.

BACA JUGA:   KPU Bakal Atur Dana Kampanye Relawan di Pilkada 2024

“Kami akan melanjutkan program yang sempat tertunda pada saat pandemi Covid-19. Tujuan kami jika terpilih menjadikan Banda Aceh sebagai kota gemilang di segala aspek. Termasuk, peningkatan sektor perekonomian berimbas langsung kepada kesejahteraan masyarakat,” tukasnya.

Artikel Terkait

Indosat Sukses Hadirkan Pengalaman Digital Selama PON XXI Aceh-Sumut

FT News – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH)...

7 Provinsi di Indonesia Alami Kekeringan Ekstrem, Berikut Daftarnya

FT News - Sebanyak tujuh provinsi di Indonesia mengalami...

Silaturahmi ke Rumah Nachrowi Ramli, Ridwan Kamil Disuguhi Tape Uli

FTNews - Pasangan calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono disuguhi...