Indonesia Jimny Festival Ciptakan Rekor MURI di Sirkuit Sentul

Forumterkininews.id, Sentul – Sejarah baru dalam dunia otomotif tercipta pada Indonesia Jimny Festival 2023 (IJF2023) yang digelar di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Minggu (18/6). Event akbar IJF2023 berhasil menciptakan Rekor MURI Track Day mobil satu jenis dan satu merek terbanyak.

IJF2023 yang merupakan bagian dari kegiatan offroad bersama Founder dalam rangka Tribute to Syamsir Alam dan Askar Kartiwa dilepas dilepas oleh Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo, Komisaris Indomobil Grup Subronto Laras, dan Ketua Penyelenggara Ronny Kusuma. Terselenggaranya event ini juga tak lepas dari dukungan manajemen Sirkuit Internasional Sentul.

Saat menyaksikan pelaksanaan prosesi menciptakan Rekor MURI, Bambang Soesatyo dan Subronto Laras merasa kagum kepada penyelenggaraan IJF. Keduanya tak menduga IJF 2023 berhasil mengumpulkan lebih dari 500 pemilik Jimny hanya dalam waktu satu bulan.

“Saya mengenang kembali mobil Jimny Jangkrik-nya dahulu ketika muda,” kata Bambang Soesatyo.

Sementara Subronto Laras terkagum-kagum melihat Jimny SJ10 era 70-an dengan mesin 2 tak dalam kondisi restorasi yang sangat baik. Bahkan ia sempat diajak mencoba keliling lokasi IJF.

Ketua umum IMI Pusat Bambang Soesatyo dan Komisari Indomobil Group Subronto Laras melepas IJF2023. (Foto: IJF2023)

Sebanyak 465 mobil Jimny generasi 1 hingga generasi 4 yang berdatangan dari 12 provinsi di Indonesia dilepas Bambang Soesatyo dan Subronto Laras. Ratusan mobil ini langsung melesat masuk lintasan Sirkuit Sentul untuk menjalani prosesi penilaian dan verifikasi dalam upaya menciptakan Rekor MURI. Bahkan Direktur Utama Sirkuit Internasional Sentul Didi Hardianto ikut ambil bagian mengendarai Jimny bersama peserta IJF masuk Lintasan sebanyak tiga putaran.

Sebelumnya 15 mobil Jimny dengan spesifikasi balap, lebih dahulu menjajal lintasan balap sebagai eksibisi sebanyak 3 putaran, kemudian dilanjutkan dengan ratusan Jimny menjajal lintasan Sirkuit Sentul yang bangun era 90an.

BACA JUGA:   Lewat Surat, Presiden Palestina Beri Ucapan Selamat ke Prabowo

Meski dalam kondisi cuaca panas terik, peserta IJF terlihat gembira melintas di sirkuit balap karena menjadi kali pertama dalam pengalaman hidup bisa mengendarai Jimny dan asuk Sirkuit Internasional Sentul.

Di hadapan peserta IJF, pihak MURI menyampaikan hasil keputusannya bahwa kegiatan Track Day yang dilakukan 465 mobil Jimny berhasil menciptakan Rekor MURI baru khususnya di dunia Otomotif Indonesia. Penghargaan diberikan kepada Event Indonesia Jimny Festival 2023, kepada pihak Sentul sebagai pendukung lokasi event dan kepada media Berita Indonesia Link sebagai penyelengara IJF2023.

Sebanyak 465 mobil Jimny memenuhi lintasan Sirkuit Sentul, Bogor. (Foto: IJF2023)

Ronny Kusuma menyampaikan rasa haru dan terima kasih kepada semua anggota panitia, peserta IJF2023,  IOF Founder dan Sirkuit Internasional Sentul yang telah mendukung IJF. Berkat dukungan penuh itulah para pemilik  Jimny yang bermimpi bisa mencoba lintasan balap Sentul dan menciptakan Rekor MURI dengan Jimny dapat diwujudkan.

“Insyaallah tahun 2024 IJF akan diselenggarakan dengan jumlah peserta lebih banyak lagi, lebih meriah dan terus mendukung hidupnya ekosistem Jimny,” kata Ronny .

Di hari yang sama di halaman parkir tribun Sirkuit Sentul, founder IOF melaksanakan kegiatan mengenang berdirinya IOF dan jasa dua tokoh offroad, Syamsir Alam dan Askar Kartiwa, atas kontribusinya.
Hadir dalam kegiatan ini mantan ketua IOF pertama Harry Irawadi, Mayjen TNI Mar (Purn) Djoko Pramono eks Ketua IOF, Jendral Pol (Purn) Roesmanhadi, IOF Founder, para offroader senior dan nasional, serta keluarga alm Syamsir Alam dan Askar Kartiwa.

Panitia tak lupa juga mengucapkan terima kasih kepada Suzuki, GT Radial, Bumame Associate Lawfirm, Belkote , Bank Mandiri dan Lamban Garage, serta 30 media partner yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan IJF 2023.

 

Artikel Terkait