Inggris Ingin Melarang Anak Muda Gunakan Smartphone

FTNews – Penggunaan smartphone pada anak muda yang semakin meningkat, kerap menjadi polemik, bahkan begitu pula dengan di Inggris. Anak-anak mengalami “kecanduan” ponsel pintar ini sehingga memiliki “screentime” yang sangat tinggi. Oleh karena itu, anggota Parlemen Inggris (MP) mendesak untuk melarang secara total penggunaan smartphone untuk yang berusia 16 tahun ke bawah.

Mengutip dari Guardians, Dewan Rakyat komisi pendidikan Inggris menunjukan laporan yang mengatakan bahwa smartphone berdampak terhadap pendidikan dan kesejahteraan. Bahkan, mereka juga ingin menaikan batasan umur untuk membuka akun media sosial menjadi 16 tahun.

Ketua komite Konservatif MP, Robin Walker, menjelaskan bahwa penggunaan smartphone secara berlebihan memberikan dampak buruk bagi anak-anak. “Mulai dari terpapar pornografi, hingga kelompok kriminal yang menggunakan platform online untuk merekrut anak-anak,” jelasnya.

Ia mengatakan bahwa dunia online memiliki potensi berbahaya yang sangat besar untuk anak-anak. Di mana, para orang tua dan sekolah mengalami kesulitan dalam mengatur hal tersebut. Maka dari itu, Walker berpendapat bahwa ini adalah langkah yang tepat bagi pemerintah untuk melawan potensi-potensi tersebut.

Masih dalam Pertimbangan

Ilustrasi anak-anak menggunakan smartphone. Foto: canva

Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, sudah mempertimbangkan untuk melarang penjualan smartphone untuk anak-anak berusia 16 tahun ke bawah. Namun, ia belum mengemukakan proposal dari perencanaan tersebut.

Dalam laporan komisi pendidikan tersebut juga, mereka ingin pemerintah bekerja sama dengan Ofcom, regulator komunikasi. Kerja sama tersebut bertujuan untuk mengkonsultasikan langkah baru untuk mengatur penggunaan smartphone.

Hal ini mencakup seperti, larangan “total” terhadap ponsel pintar bagi anak-anak di bawah 16 tahun dan kontrol orang tua diinstal pada ponsel secara bawaan. Serta, kontrol di toko aplikasi untuk mencegah anak-anak mengakses konten yang tidak sepatutnya.

BACA JUGA:   Dicari: Manajer Kebun untuk Raja Charles, Mau Daftar?

Selain itu, mereka juga akan melarang penggunaan ponsel pada lingkungan sekolah di Inggris. Februari lalu, pemerintah mengeluarkan pedoman bagi kepala sekolah yang melarang penggunaan ponsel sepanjang hari di sekolahnya.

Artikel Terkait

Live Streaming di Indonesia, Youtuber IShowSpeed Sampai Dibikin Nangis!

FT News - Seorang Youtuber asal Amerika Serikat (AS), IShowSpeed,...

Respon Polos Orang Indonesia saat Bertemu Youtuber Speed: Dia Siapa?

FT News - Youtuber Speed atau IShowSpeed sedang berkunjung...

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...