Ingin Hidup Rendah Emisi Karbon? Ini Solusinya!

FTNews, Jakarta – Manusia harus menjaga Bumi karena sumber daya di dalamnya memiliki keterbatasan jika tidak dikelola dengan bijak. Bahkan semua kegiatan manusia akan meninggalkan jejak karbon. Hal ini sudah tidak dapat dihindari lagi.

Akan tetapi, kita dapat memperkecil jejak karbon. Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengurangi emisi karbon berdasarkan data United Nation Development Programme (UNDP). 

Menggunakan Lampu Meja

Ilustrasi penggunaan lampu meja. Foto: freepik

Menggunakan lampu meja saat belajar atau mengerjakan sesuatu dapat mengurangi emisi karbon kita. Perbandingan jika kita menggunakan lampu ruangan yang LED sangat besar.

Penggunaan lampu ruangan LED selama dua jam per hari dengan wattase 100 watt dapat menghasilkan emisi karbon sebanyak 59,86 kg per tahun. Sedangkan, menggunakan lampu meja LED hanya menghasilkan emisi karbon hingga 2,99 kg per tahun.

Mematikan atau Mencabut Kabel dari Saklar Listrik

Ilustrasi penggunaan alat elektronik. Foto: pixabay

Mematikan TV, DVD Player, dan Set Top Box melalui remote belum cukup. Dengan mode stand-by, peralatan elektronik tersebut menyerap daya listrik. 

Perkiraan daya yang digunakan sebesar 19,7 watt dan estimasi stand-by selama 18 jam, dapat menghasilkan 106,1 kg emisi karbon per tahunnya. Selain itu, setelah menggunakan barang-barang elektronik lainnya, mencabut kabel dari saklar juga dapat membantu mengurangi emisi karbon kita.

Bijak dalam Penggunaan Kertas

Ilustrasi penggunaan kertas. Foto: freepik

Hal yang mudah dilakukan lainnya adalah bijak dalam penggunaan kertas. Sebagai contoh, jika melakukan pembatasan 500 lembar kertas A4 per bulannya, dapat menghasilkan emisi karbon sebanyak 87 kg per tahunnya.

Selain itu, melakukan printing bolak balik dapat mengurangi penggunaan kertas. Jika tanpa bolak-balik dapat menggunakan 100 lembar kertas, printing secara bolak balik dapat memperkecil penggunaan kertas hingga dua kali lipatnya.

BACA JUGA:   Miliki Tanda-tanda Seperti Ini, Bisa Jadi Korban "Bullying"

Menggunakan Transportasi Umum

Ilustrasi menggunakan kereta sebagai transportasi umum. Foto: Freepik

Penggunaan transportasi umum sangat membantu mengurangi jejak karbon kita. Terutama jika transportasi tersebut sudah menggunakan green energy seperti listrik.

Mobil yang kita gunakan dapat menyumbang 1321,02 kg emisi karbon per tahunnya. Dengan menggunakan kendaraan umum seperti bus, dapat mengurangi emisi karbon hingga 1193,9 kg per tahun. Lebih baik lagi, jika perjalanan jarak dekat, disarankan untuk jalan saja.

Bijak dalam Penggunaan Air

Ilustrasi kran air yang mengalir. Foto: pixabay

Penggunaan air juga dapat mempengaruhi jejak karbon kita. Bijak menggunakan air dapat mengurangi emisi karbon per tahunnya hingga 63 kg.

Hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam penggunaan air seperti memperbaiki pipa-pipa yang bocor, mematikan air saat menggosok gigi atau menyuci tangan, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait

Sah! Gamers Cantik Listy Chan Mualaf

Nama Listy Chan, gamers cantik yang sempat populer di...

Duo Anggrek Comeback Lewat Mekar: Lebih Fresh

Penghujung tahun 2024, Duo Anggrek yang diawaki Devay dan...

Salim Nauderer Ngaku Selingkuh, Rachel Vennya Diteror Ayah Azizah Salsha?

Ahmad Ramzy, mantan kuasa hukum Salim Nauderer memastikan kalau...