Ini Peran Empat Tersangka Penipuan Jastip Tiket Coldplay

Forumterkininews.id, Jakarta – Polisi membeberkan peran dari empat tersangka penipuan jasa titip (Jastip) tiket konser musik Coldplay yang telah diringkus pada Kamis (1/6) lalu.

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Auliansyah mengatakan bahwa keempat tersangka tersebut berinisial MS (22), MHH (20), AB (36), A (35).

“Kami melakukan penangkapan di Sulawesi Selatan, di rumah mereka masing-masing yaitu di kelurahan Mariteng, Sidreng Lapang, Sulawesi Selatan. Jadi keempatnya kami tangkap di lokasi yang berdekatan,” kata Auliansyah, di Mapolda Metro Jaya, pada Senin (5/6).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa dalam melancarkan aksinya, tersangka MS berperan membuat akun media sosial Instagram @jastiptiket.coldplay.

“Kemudian tersangka MHA, AB dan A menyediakan akun e-wallet Dana yang digunakan. Untuk menampung uang hasil penipuan para korban,” ucap Auliansyah.

Sementara itu dalam pengungkapan ini tim juga menyita sejumlah barang bukti berupa 4 unit handphone, 1 buah akun wallet DANA, dan 1 buah sim card.

Kemudian akibat perbuatannya tersebut, para tersangka dikenakan Pasal 28 ayat (1) jo Pasal 45A ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang informasi dan Transaksi Elektronik, dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan atau denda paling banyak Rp 1 miliar.

Sebelumnya, Polisi mengungkapkan motif penipuan yang dilakukan empat tersangka dalam kasus jasa titip (Jastip) tiket konser musik Coldplay. Konser yang rencananya bakal digelar pada November 2023 mendatang.

Adapun empat tersangka tersebut berinisial MS (22), MHH (20), AB (36), A (35).

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Auliansyah mengatakan bahwa keempat tersangka melakukan penipuan dilatarbelakangi ingin mendapatkan keuntungan.

“Pertama terkait dengan motif. Ya (para tersangka) mencari keuntungan yang sudah pasti,” ucap Auliansyah, di Mapolda Metro Jaya, pada Senin (5/6).

BACA JUGA:   Polisi Sebut Bos Travel Umrah PT Naila Ganti Nama untuk Sembunyikan Status Residivis

Sementara itu Auliansyah mengungkapkan bahwa para pelaku dalam melancarkan aksinya melihat sasaran calon korban. Mereka mencari yang tengah membutuhkan tiket yang sulit didapatkan.

Artikel Terkait