Inilah yang Dilakukan Keluarga Jokowi Ketika Aksi Kawal Putusan MK Terjadi

FT News – Ketika ribuan massa aksi turun ke jalan untuk melakukan demonstrasi dalam rangka mengawal putusan Mahkamah Konstitusi pertanyaan yang muncul adalah apa yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dan keluarganya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo berkegiatan di Istana Kepresidenan, Jakarta saat aksi demonstrasi terjadi di Jakarta dan sejumlah wilayah di Indonesia.

Presiden Jokowi pada hari Kamis (22/08/2024) pagi menerima dua tamu. Pertama adalah Pelaksana Tugas Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana dengan agenda membahas masalah pribadi. Di antaranya adalah Nana Sudjana menyampaikan undangan pernikahan anaknya untuk Presiden Jokowi.

Selanjutnya pada pukul 10.30 WIB, Presiden Joko Widodo menerima kedatangan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau dikenal dengan Gus Yahya, bersama dengan jajaran pengurus.

Menurut jadwal, Presiden akan hadir dengan agenda “Pencanangan Gerakan Nasional Cerdas Keuangan dalam rangka Hari Indonesia Menabung” di JiExpo Theater, Kemayoran, Jakarta Pusat pada pukul 14.00 WIB.

Namun, agenda yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akhirnya tidak dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Kepresidenan, M Yusuf Permana mengatakan acara dilimpahkan kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Ibu Negara Berkegiatan di Makassar

Pada saat terjadinya aksi demonstrasi di beberapa wilayah di Indonesia, Ibu Negara Iriana Joko Widodo justru asik membagi-bagikan ponsel, jam tangan pintar (smartwatch) dan tablet kepada pelajar yang menghadiri Sosialisasi Anti-Narkoba di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (22/08/2024).

 

Ibu Negara, Iriana Jokowi menghadiri acara sosialisasi Anti-Narkoba di Makassar. (Foto:Ist)

Bahkan, dalam acara tersebut, dari video yang beredar di platform media sosial terlihat Ibu Iriana Jokowi asik berjoget dengan iringan lagu dari Ari Laso yang ditampilkan dalam acara tersebut.

Sementara itu, sejumlah massa aksi dari Gerakan Aktivis Mahasiswa (GAM) menggelar aksi unjuk rasa di pertigaan Jalan AP Pettarani-Jalan Letjen Hertasning, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Saat itu, massa aksi berorasi secara bergantian dan menyuarakan agar mengawal putusan MK tersebut di DPR.

Namun, tak sampai satu jam massa melakukan orasi dan membakar ban, mereka dibubarkan secara paksa oleh aparat gabungan dari TNI dan Polri. Bahkan, sempat terjadi saling dorong antara massa aksi dan aparat pengamanan di lokasi demo. Alasan pembubaran paksa itu karena adanya kunjungan Iriana Joko Widodo ke Kota Makassar.

Gibran dan Istri Blusukan di Bandung

Ramainya aksi demonstrasi di beberapa wilayah di Indonesia tak menyurutkan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka untuk blusukan di Kota Bandung, Jawa Barat.

Gibran terlihat mendatangi Pasar Baru Trade Centre di Jalan Otista, Bandung ditemani bakal calon Wali Kota Bandung dari Partai Gerindra, Ridwan Dhani Wirianata. Selain itu, ada juga artis Raffi Ahmad dan Jeje Govinda dalam rombongan tersebut.

BACA JUGA:   Melalui UU Kesehatan, Menkes Ungkap Prioritasnya
Artis Raffi Ahmad sedang bersama Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (Foto: Instagram)

Ketika ditanya terkait revisi UU Pilkada yang menganulir keputusan MK, Gibran lebih memilih bungkam. Gibran hanya tersenyum sambil melambaikan tangan dan berlalu tanpa mengucapkan sepatah kata pun.

Selama kunjungannya ke Pasar Baru, Gibran tidak banyak berinteraksi dengan masyarakat. Gibran hanya berkeliling melihat beberapa kios, naik turun eskalator, melakukan swafoto dengan pengunjung lain kemudian pergi meninggalkan lokasi.

Setelah mengunjungi Pasar Baru, rombongan Gibran berkunjung ke Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) Lembang dan Desa Wangunsari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Dalam kunjungannya ke Lembang, Gibran melihat lokasi produksi susu yang menjadi salah satu item program makan siang gratis.

Di lokasi tersebut, Gibran kembali mendapatkan pertanyaan terkait langkah Badan Legislatif (Baleg) DPR RI revisi UU PIlkada. Gibran juga ditanya tentang unjuk rasa penolakan revisi UU Pilkada di sejumlah daerah. Namun, ia kembali tak menjawab kedua pertanyaan tersebut dan hanya melambaikan tangan.

Selanjutnya, rombongan Gibran makan siang di Rumah Makan Bu Imas di Jalan Balonggede, Kecamatan Regol, Kota Bandung. Ketika mendatangi lokasi ini, Gibran disambut oleh ratusan orang yang meminta salaman dan swafoto bersama.

Kaesang dan Istri di California

Selain itu, anak bungsu Presiden Joko Widodo yaitu Kaesang Pangarep ketika aksi massa terjadi di Indonesia, justru sedang menghabiskan waktu di Amerika Serikat bersama istrinya, Erina Gudono.

Beberapa postingan di media sosial Erina Gudono terlihat perjalanan keduanya ke Amerika Serikat. Melalui unggahan Instagram Storynya, Erina Gudono sempat pamer perjalanan keduanya dari California hingga ke Pennsylvania.

 

Unggahan media sosial istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono saat di Amerika Serikat menuai protes dari masyarakat. (Foto: Instagram)

Diketahui, Erina Gudono sedang mempersiapkan diri kuliah S2 di University of Pennsylvania (UPenn) pada Agustus 2024. Keduanya juga terlihat menyempatkan diri untuk mencicipi beberapa kuliner khas di Amerika Serikat.

Pada saat aksi massa terjadi, beberapa unggahan dari media sosial Erina Gudono sudah dihapus. Walau begitu, warganet sempat mengambil tangkapan layar dari media sosial Erina Gudono kemudian dibagikan di media sosial masing-masing.

Kaesang dan Erina Gudono berangkat ke Amerika Serikat menggunakan jet pribadi jenis Gulfstream yang biaya sewanya mencapai Rp250 juta per jam.

Di Amerika Serikat, warganet juga menyoroti unggahan Erina Gudono ketika membeli stroller bayi dengan harga mencapai puluhan juta rupiah untuk calon anaknya. Tak hanya itu, Erina juga sempat mengunggah sebuah roti yang dibeli seharga Rp400 ribu.

Warganet menilai tindakan Erina Gudono dan Kaesang Pangarep yang sedang berada di Amerika Serikat itu kurang etis. Pasalnya, apa yang diunggah oleh Erina Gudono di tengah kekecewaan masyarakat terkait putusan Mahkamah Konstitusi dan kondisi masyarakat saat ini dinilai tidak memiliki simpati. 

 

Artikel Terkait

Makin Solid, Koalisi Jakarta Baru akan Gerilya Menangkan Rido

FTNews - Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengungkapkan partai...

Ridwan Kamil Hadiri Kick-Off Rembug Kota

FT News - Bertepatan dengan Hari Demokrasi Internasional, Rembug...

Terungkap! Ini Pesan Khusus Prabowo Pada Ridwan Kamil

FTNews - Calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil mendapat pesan...