IPW: Jadi Saksi Kunci, Kapolrestabes Semarang Harus Dilindungi!

Forumterlinineews.id, Jakarta – Indonesia Police Watch (IPW) memandang perlunya perlindungan kepada Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar yang merupakan saksi kunci dalam kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK dalam penanganan kasus dugaan korupsi pada Kementerian Pertanian (Kementan).

“Kombes Irwan Anwar adalah saksi kunci dalam perkara dugaan pemerasan, gratifikasi oleh SYL kepada pimpinan KPK yang menyeret nama F,” kata Ketua Indonesia Police Watch (IPW, Sugeng Teguh di Jakarta, Senin (9/10).

Lebih lanjut Sugeng mengatakan bahwa keterangan dari Kombes Irwan Anwar ini  nantinya dapat menjerat pimpinan KPK.

“Jadi posisi Kombes Irwan Anwar ini sangat strategis dan penting,” ungkap Sugeng.

Menurut Sugeng, Irwan bisa menjerat pimpinan KPK dengan keterangannya. Atau bisa saja kemudian martir dengan menahan posisi sebagai tersangka.

Mengingat adanya saksi kunci ini, maka yang bersangkutan perlu perlindungan agar kasus dapat terungkap.

“Kombes Irwan Anwar harus mendapat perlindungan terkait dengan keterangannya yang sangat signifikan dan penting agar ia bisa membuka secara terang benderang kasus ini,” papar Sugeng.

Sugeng menegaskan, Polda Metro Jaya juga harus menjamin dalam kasus ini bahwa Kombes Irwan Anwar merupakan Whistle Blower atau saksi pelapor.

Sebelumnya, penyidik Polda Metro Jaya bakal kembali memanggil Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar terkait kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terkait penanganan kasus di Kementerian Pertanian (Kementan).

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak membenarkan terkait pemanggilan tersebut.

Sementara itu Ade Safri menuturkan, sebelumnya saat kasus dalam tahap penyelidikan, Kapolrestabes Semarang sudah menjalani pemeriksaan sebagai saksi. Namun ia tidak menjelaskan secara detail terkait waktu pemeriksaan tersebut.

Artikel Terkait