Jaguar Land Rovers Sepakat Beli Pabrik Ford di India

Forumterkininews.id, Gujarat – Pabrik mobil Ford yang terletak di negara bagian barat Gujarat mengalami kerugian cukup besar. Oleh karena itu, mereka pun sepakat untuk menjual pabrik ke Jaguar Land Rovers seharga 7,26 miliar rupee (91,5 juta dolar).

Kesepakatan itu datang ketika Tata Motors bergerak untuk meningkatkan produksi mobilnya untuk memenuhi permintaan.

Kesepakatan antara anak perusahaan kendaraan listrik Tata dan unit pembuat mobil India di AS mencakup tanah, mesin, dan semua “karyawan yang memenuhi syarat”.

Ford menghentikan produksi di India tahun lalu setelah berjuang selama lebih dari dua dekade untuk menghasilkan keuntungan di sana.

“Dengan kapasitas produksi kami yang mendekati saturasi, akuisisi ini tepat waktu dan win-win untuk semua pemangku kepentingan,” kata Tata Motors dalam sebuah pernyataan, diberitakan BBC.

Perusahaan induk Jaguar Land Rovers asal Inggris menambahkan bahwa produksi tahunan di pabrik Sanand pada awalnya akan memberikan kapasitas baru 300.000 kendaraan per tahun, yang dapat ditingkatkan menjadi 420.000.

Pengumuman tersebut menandai langkah maju yang penting dalam upaya Ford untuk merestrukturisasi bisnisnya di India, kata petugas transformasi Ford Steve Armstrong.

Pada September tahun lalu, Ford mengatakan akan menutup pabrik mobil India sebagai bagian dari langkah yang akan menelan biaya sekitar 2 miliar dolar.

Pada saat itu, pembuat mobil AS mengatakan bahwa sekitar 4.000 pekerja akan terpengaruh oleh keputusan tersebut. Pasalnya, operasi Ford di India mengalami kerugian 2 miliar dolar dalam sepuluh tahun sebelumnya.

Artikel Terkait