Jelang Lawan Aston Villa, Pep: Lebih Puas Juara Liga Inggris

Forumterkininews.id, London – Pekan penentuan bagi Manchester City. Minggu (22/5) malam di Stadion Etihad, “The Citizens” akan menjalani laga penting untuk memastikan gelar juara Liga Inggris musim 2021-2002 melawan Aston Villa.

Pemuncak klasemen sementara hingga pekan ke-37 dengan torehan 90 poin ini wajib memenangkan laga terakhirnya melawan Villa.

City perlu kemenangan guna menutup peluang pesaing utamanya, Liverpool. Klub berjuluk “The Reds” ini masih menjadi ancaman serius.

Liverpool membayangi di posisi kedua dengan catatan 89 poin. Liverpool sendiri akan menghadapi Wolverhampton di Stadion Anfield pada waktu yang bersamaan. Seperti halnya City yang membutuhkan kemenangan, Liverpool juga demikian. “The Reds” harus menang untuk memperbesar kesempatannya meraih juara, walau dengan catatan khusus, yakni City kalah atau seri dari Villa.

Poin maksimal City jika menang adalah 93, sedangkan Liverpool 92.

City, bersama Pep Guardiola, selalu mencatat hasil positif saat bertemu Villa. Keduanya sudah bertemu 5 kali sepanjang tiga musim terakhir. Sepanjang itu City sudah mencatat 14 gol memasukan  dan hanya 4 gol kemasukan. Dari prosentase kemenangan City mencatat 75,3 persen sejak 2016.

City pernah meraih kemenangan besar pada laga di kandang Villa di mana mereka menekuk tuan rumah 6-1 pada, 12 Januari 2020. Sedangkan laga terakhir keduanya berlangsung 2 Desember 2021 dimana City menang 2-1 lewat gol Ruben Diaz dan Bernardo Silva.

Dengan modal 12 pertandingan terakhir tanpa kekalahan (8 kali menang dan 4 seri) di Liga Inggris, City adalah tim yang diunggulkan mampu menaklukkan Villa, kendati tiga pemain utama City yakni Ruben Dias, John Stones, dan Kyle Walker masih dilanda cedera.

Kabar terakhir menyebutkan, Stones dan Walker sudah dinyatakan pulih. Keduanya sudah ikut berlatih. Namun Pep belum berani menjamin apakah keduanya akan bisa dimainkan lawan Villa.

BACA JUGA:   Borisa Simanic Harus Operasi Ginjal Akibat Cedera di FIBA World Cup

“Kami memiliki dokter tim yang hebat. Kami akan memastikan lagi kondisi mereka, besok, apakah dapat bermain atau tidak,” Pep mengungkapkan.

Di sisi lain, Villa yang ditangani Steven Gerard, hanya mencatat tiga kemenangan dalam 10 kali penampilan terakhirnya.

Di tengah masih besarnya ancaman dari Liverpool di pekan terakhir ini, pilihan City hanya satu yaitu menang. Karena hanya dengan tambahan tiga poin maka City tak perlu bergantung pada hasil pertandingan Liverpool.

Pep berharap timnya dapat merebut kembali gelar juara musim ini. Menurut pelatih asal Spanyol, dapat meraih juara Liga Inggris akan sangat memuaskan karena harus melalui persaingan secara marathon untuk bisa finish pertama. Memenangkan Liga Inggris jauh lebih sulit.

“Ada banyak pekan pertadingan, perjuangan dengan cedera dan momen buruk, serta lawan yang tangguh,” papar Pep.

“Anda lebih bahagia ketika menang dan menang, karena ini bukan soal piala, ini adalah rutinitas.. Menjalani rutinitas merupakan yang paling sulit dalam hidup kita. Jika Anda tidak bahagia, Anda menginginkan pengalaman hebat ini. Liga Premier adalah rutinitas,” Pep membeberkan.

Tentang laga terakhir Minggu, Pep hanya meminta kepada para pemainnya untuk menikmati permainan dan memenangkannya.

Artikel Terkait

Gus Miftah Ungkap Rencana Jokowi Usai Lengser

FT News - Joko Widodo (Jokowi) akan mengakhiri masa...

Menpora Dito Minta Maaf Atas Kekurangan PON Aceh-Sumut 2024

FT News - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito...

PON XXI Aceh-Sumut 2024 Resmi Ditutup, Menko PMK: Sampai Bertemu di PON NTB-NTT

FT News - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan...