Jenderal Andhika Perkasa: Lebih Baik Nggak Usah Ikut Cawe-cawe!

Forumterkininews.id, Jakarta- Eks Panglima TNI Jenderal (purn) Andhika Perkasa mengimbau Indonesia untuk tidak ikut cawe-cawe terhadap isu geopolitik dan konflik dunia saat ini.

“Karena membuat kita siap menghadapi konflik dalam negeri saja masih jauh,”kata Andhika dalam diskusi Indonesia Strategic&Defence Studies (ISDS) di Jakarta Selatan, Rabu (13/9).

Andhika mencontohkan, bahkan ketika ia masih menjabat di TNI, saat mengerahkan pasukan pun masih sangat terbatas terutama dari segi pendanaan.

“Contohnya saat konflik, pengerahan pasukan di beberapa tempat saja masih kurang. Terutama soal anggaran. Nah soal Itu lebih penting untuk saat ini,”tandasnya.

Pernyataannya tersebut menjawab pertanyaan peserta diskusi soal apa sikap yang harus diambil Indonesia terkait permasalahn dunia saat ini. Termasuk Laut China Selatan  dan perang Rusia- Ukraina.

Ia pun kembali menggarisbawahi politik luar negeri Indonesia yakni non- blok serta bebas dan aktif.

“Nggak ada pikiran sedikitpun untuk mengganggu tetangga karena  kita punya rambu moralitas. Netral itu kita kan non blok, bebas aktif. itu pemahamannnya juga luas juga,”pungkasnya.

Artikel Terkait