Kans Timnas Indonesia Lolos dari Grup Neraka Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia berada di grup neraka pada babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Indonesia tergabung di grup C bersama sejumlah raksasa Asia.

Dari hasil drawing yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/6/2024) pukul 14:00 WIB, pasukan Shin Tae-yong tergabung bersama 5 negara lainya.

Timnas Indonesia tergabung di grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahraian dan Cina.

Pertandingan di grup C akan mulai berlangsung pada 5 September 2024 antara Bahrian vs Cina.

Dua negara teratas masing-masing grup nantinya mendapat tiket lolos langsung Piala Dunia 2026 hingga menghasilkan enam tim Asia pertama.

Namun masih ada dua slot lagi untuk bisa lolos ke ronde keempat dan tiket via play-off interkontinental melawan tim asal konfederasi lain.

Di partai pertama grup C, Timnas Indonesia akan melawan Arab Saudi pada 5 September 2024. Melawan Australia pada 10 September 2024.

Lalu melawan Bahrian pada 10 Oktober 2024. 5 hari kemudian, pasukan Shin Tae-yong melawan Cina. dilanjutkan melawan Jepang pada 14 November 2024.

Putaran ketiga akan dimainkan dengan format penyisihan grup kandang tandang yang dimulai pada September 2024 sampai Juni 2025.

Dua tim teratas dari masing-masing tiga grup (total enam tim) nantinya langsung melaju ke Piala Dunia 2026, yang akan menampilkan total peserta pertama kali dengan diikuti 48 tim dan pertama kali digelar di tiga negara tuan rumah yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Tim peringkat ketiga dan keempat di setiap grup (total enam tim) dari babak grup putaran ketiga akan melaju ke babak kualifikasi putaran keempat.

Mereka akan dibagi menjadi dua grup yang terdiri dari tiga tim dengan pertandingan yang akan dimainkan pada bulan Oktober dan November 2025.

BACA JUGA:   Ditinggal Milla, Persib Bakal Bertarung Habis-habisan Lawan PSM

Dua negara berikutnya yang merupakan peringkat teratas setiap grup akan mendapatkan tiket kualifikasi otomatis.

Indonesia menorehkan sejarah lolos ke putaran ketiga untuk pertama kalinya setelah menjadi runner-up Grup F dengan 10 poin, di bawah Irak yang sempurna dengan 18 poin. Tim Garuda merupakan satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos ke putaran ketiga.

Grup A-C Ronde Ketiga Babak Kualifikasi Piala Dunia 2026:

Grup A

Iran
Qatar
Uzbekistan
UEA
Kirgiztan
Korea Utara

Grup B

Korea Selatan
Irak
Yordania
Oman
Palestina
Kuwait

Grup C

Jepang
Australia
Arab Saudi
Bahrain
Cina
Indonesia

Artikel Terkait