Kemenkum HAM DKI Gelar Razia di Lapas Cipinang

Forumterkininews.id, Jakarta – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkum HAM) DKI Jakarta melakukan razia di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang, Sabtu (26/2).

Razia tersebut dipimpin Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun didampingi Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas I Cipinang, Tonny Nainggolan.

“Razia rutin ini diselenggarakan sebagai wujud penyelenggaraan reformasi birokrasi. Yaitu kepatuhan internal dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta peningkatan pembinaan, monitoring, pengawasan dan pengendalian (Bintorwasdal),” jelas Ibnu, Senin (28/2).

Terkait razia rutin, Ibnu menambahkan, giat tersebut dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di Lapas Kelas I Cipinang.

“Hal ini tentunya dilakukan dengan semangat melayani. Sehingga petugas Pemasyarakatan dituntut tetap menyelenggarakan pelayanan yang bersih dalam menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada,” tambah Ibnu.

Lebih lanjut Ibnu mengatakan, pihaknya juga mengukuhkan tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satopspatnalpas) sebagai petugas pengawas keamanan di lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Hal ini didukung kelengkapan sarana dan prasarana dalam menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi pemasyarakatan.

Ibnu mengingatkan seluruh jajaran Pemasyarakatan untuk menegakkan keamanan dan ketertiban di Lapas dan Rutan. Khususnya pada lingkungan Kanwil Kemenkum HAM DKI Jakarta dengan melaksanakan 3 +1 yakni 3 Kunci Pemasyarakatan Maju serta penerapan Back to Basics.

“Tindak tegas jika ada perbuatan yang menyimpang dengan memegang teguh 3 kunci + 1. Deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, serta sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya, ” tegas Ibnu.

“Tim Satopspatnalpas dapat menjadi contoh perwujudan pengawasan dan pengendalian keamanan di Lapas dan Rutan. Tim tersebut juga diharapkan dapat melakukan penilaian kinerja petugas Pemasyarakatan. Serta melakukan pengawasan terhadap peredaran narkotika, pengeluaran narapidana dan masuknya bahan makanan di Lapas dan Rutan,” tukasnya

BACA JUGA:   Anggota DPR RI Fraksi Nasdem Diperiksa KPK Terkait Bupati Probolinggo
Lapas Kelas I Cipinang Dukung Langkah Pengamanan Kanwil Kemenkumham DKI

Sementara itu, terkait pelaksanaan razia, Kalapas Kelas I Cipinang Tonny Nainggolan menyampaikan, razia ini merupakan bentuk Penerapan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Serta peningkatan  keamanan dan ketertiban di Lapas Kelas I Cipinang.

“Kami mendukung langkah-langkah yang dilakukan oleh Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dalam peningkatan pengamanan di lingkungan Lapas dan Rutan termasuk pelaksaan razia rutin serta pembentukan Satopspatnalpas. Untuk itu, kami juga akan terus meningkatkan kinerja sehingga dapat turut berpartisipasi mewujudkan Pemasyarakatan maju,” tandasnya

Artikel Terkait

Saat Banjir Rob Melanda, Remaja di Belawan Malah Tawuran

FT News - Meski banjir rob melanda kawasan pesisir...

Tersangka Sempat Beli Gorengan Sebelum Perkosa-Bunuh Gadis Penjual Gorengan

FT News - Polisi mengungkap kronologi pemerkosaan dan pembunuhan...

Edarkan Ganja, Pria Paruh Baya di Langkat Dicokok Polisi

FT News - Polisi menangkap seorang pengedar narkoba jenis...