Kemensos Bangun 44 Rumah di Teluk Wondama Tanpa Air Bersih dan MCK

Forumterkininews.id, Wasior – Pemerintah melalui Kementerian Sosial membangun 44 rumah untuk warga kurang mampu di Kampung Kurei, Distrik Nikiwar, Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat. Hal ini dilakukan melalui program pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT).

Bupati Teluk Wondama, Hendrik Mambor mengatakan, pembangunan rumah ini merupakan berkat yang diterima masyarakat dari Tuhan melalui pemerintah.

“Tentunya ini harus disyukuri masyarat penerima bantuan. Ini bukti nyata jika Pemerintah Indonesia tidak tutup mata terhadap masyarakat Papua,” ujar Hendrik di Wasior, dilansir dari Antara, Senin (18/7).

Selain itu ia menegaskan jika melalui kebijakan KAT Pemda rumah yang dibangun hanya satu atau dua unit saja. Bupati menyerahkan kunci rumah kepada Kepala Desa Kurei, Yakobus Idorway pada peresmian 44 rumah yang dibangun untuk warga kurang mampu.

“Usul pembangunan 44 rumah untuk warga kurang mampu di Kurei disampaikan ke Kementerian Sosial pada 2019. Kemudian ditindaklanjuti pada 2020,” ujar Yakobus.

Lebih lanjut pembangunan dimulai pada Oktober 2021 dan pihaknya menerima kunci dari kontraktor pada 30 Maret 2022

Selain itu, pembangunan 44 rumah ini memiliki tipe 36 dengan konstruksi beton untuk warga kurang mampu di Kurei. Namun rumah-rumah tersebut belum dilengkapi fasilitas air bersih, MCK, dan jaringan listrik.

Dia berharap pemerintah kabupaten menyediakan fasilitas air bersih, MCK, dan jaringan listrik di rumah-rumah yang sudah dibangun agar warga tidak kesulitan.

Kadis Sosial Kabupaten Teluk Wondama Eka Wosiri menjelaskan, pembangunan 44 rumah untuk warga kurang mampu dilakukan sesuai usul dari warga.

Menurut dia, pembangunan rumah di Kampung Kurei menggunakan dana Rp2,2 miliar dari pemerintah daerah. Kemudian Rp2,2 miliar dari pemerintah pusat.

Peresmian 44 rumah untuk warga kurang mampu di Kampung Kurei juga dihadiri oleh Wakil Bupati Teluk Wondama Andarias Kayukatuy, Kepala Polres Teluk Wondama AKBP Yohanes Agustiandaru, dan Komandan Distrik Militer Persiapan Teluk Wondama Letkol Inf Saheri.

Artikel Terkait