Keterampilan Bela Diri Melindungi Anak dari Perundungan

Forumterkininews.id, Jakarta – Perundungan anak yang santer terjadi dalam beberapa minggu terakhir sangat mengawatirkan. Keterampilan bela diri dapat melindungi anak dari perundangan.

The Indonesian Institute Center for Public Policy Research (TII) menyatakan, keterampilan bela diri dapat melindungi anak terlibat perundungan.

“Bentuk proteksi yang dilakukan untuk melindungi anak agar tidak menjadi korban perundungan yakni dapat mengajarkan anak untuk menyatakan sikap asertif atau menolak segala bentuk perundungan tanpa memunculkan konflik,” kata Peneliti Bidang Sosial TII Dewi Rahmawati Nur Aulia di Jakarta dikutip Antara, Kamis (5/10).

Mengikuti kelas bela diri, kata Dewi, dapat menjadi bentuk proteksi diri atas agresivitas pembulian.

Selain itu, bela diri juga dapat melindungi diri dari beragam serangan yang mungkin saja terjadi pada suatu kasus yang tidak masuk dalam kategori superioritas.

Kemudian, orang tua juga dapat berpartisipasi melindungi anak dengan memberikan pemahaman terkait dampak buruk perundungan.

Dewi juga mengingatkan kepada seluruh orang tua jika sekolah bukanlah sebuah tempat penitipan anak. Sehingga dengan mengedepankan kepentingan terbaik anak, orang tua harus bekerja sama dalam membangun karakter anak yang lebih mandiri.

Artikel Terkait