Kick Off Z Future Leaders: Langkah CentennialZ Menuju Generasi Emas Asli Bukan Imitasi

Komunitas CentennialZ yang fokus pada pemberdayaan Gen Z gelar Kick Off Z Future Leader (ZFL) di Auditorium Bung Hatta, Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (5/7/2024).

CentennialZ mempunyai program unggulan yang diselenggarakan dalam upaya menyiapkan Gen Z menyambut puncak bonus demografi pada 2045.

Staf Khusus Menteri Pemuda dan Olahraga Bidang Percepatan Inovasi Pemuda dan Olahraga, Hasintya Saraswati yang menjadi keynote speech mewakili Menpora Dito Ariotedjo, mengatakan sangat mendukung kegiatan ini.

Pihak Kemenpora menurut Hasintya memiliki berbagai sektor pelatihan yang bisa dimanfaatkan generasi muda. Mulai dari sektor non formal dalam bidang kewirausahaan yang berkolaborasi antara pemerintah dengan sektor swasta.

Staf Khusus Menteri Pemuda dan Olahraga Bidang Percepatan Inovasi Pemuda dan Olahraga, Hasintya Saraswati [Istimewa]

“Tapi lagi-lagi ini semua tidak bisa dikerjakan sendiri oleh pemerintah, jadi harus ada forum-forum komunitas muda, pihak swasta juga ikut mengembangkan para pemuda,” jelas Hasintya.

Sementara itu, Chairman CentennialZ Donan Abbad Abdullah mengatakan bahwa Indonesia Emas yang menjadi program pemerintah di masa depan harus direncanakan dengan baik dan seksama.

Menurut Donan, generasi muda setidaknya memiliki empat core value untuk bisa memberikan kontribusi nyata untuk kemajuan bangsa.

Pertama, bersikap kerja keras, lalu jujur, kolaboratif dan technopreneurship. “Sehingga segala potensi generasi muda dapat terberdayakan,” ujar Donan.

Chairman CentennialZ Donan Abbad Abdullah [Istimewa]
Ditegaskan Donan, kegiatan ini menjadi wadah pengembangan kapasitas kalangan muda utamanya di tingkat mahasiswa. Dengan kondisi dunia ke depan yang semakin maju, salah satu masalah terbesar ialah lapangan pekerjaan.

Donan Abbad mengatakan untuk menjawab masalah itu, generasi muda membutuhkan soft skill yang didapat tidak hanya di ruang kelas namun di lingkup lebih besar, salah satunya mengikuti organisasi.

Pernyataan sama juga diungkap oleh Dr Arief Rosyid Hasan yang juga mantan Komandan Tim Kampanye Nasional Fanta Prabowo-Gibran.

BACA JUGA:   Elektabilitas Terus Merosot, Ridwan Kamil Bicara Takdir dan Masa Lalu

Menurut Arief, CentennialZ menjadi wadah untuk generasi Z untuk terus meningkatkan kemampuan, soft skill demi menjawab tantangan di masa depan.

Dr Arief Rosyid Hasan [Istimewa]

Arief menjelaskan bahwa kemerdekaan bangsa ini tak lepas dari semangat para pemuda. Pemuda sebagai pelopor untuk negeri ini lepas dari cengkraman penjajah.

Di hari ini dan ke depan, gen Z memiliki pekerjaan besar yang tak kalah penting bagaimana membawa Indonesia Emas. Ditegaskan Arief, butuh langkah nyata untuk bisa mewujudkan Indonesia Emas.

“Jika mimpi Indonesia adalah Indonesia Emas maka sangat perlu langkah nyata dan proses untuk menciptakan generasi emas yang asli bukan imitasi, sehingga acara hari ini penting untuk menuju hal tersebut karena akan mempercepat proses akselerasi Indonesia Emas di 2045 yang dimimpikan,” jelasnya.

Ditekankan oleh Arief, generasi muda, khususnya para mahasiswa harus memperkuat peranan mereka di organisasi. Karena menurutnya, banyak hal yang bisa didapatkan mahasiswa di organisasi.

Penting untuk kolaborasi antara BEM dan organisasi lainnya demi memperkuat kompetensi dan kemampuan para mahasiswa untuk menjawab tantangan ke depan.

“Dengan memperkuat organisasi secara kelembagaan, orang-orang yang ada di dalam ini bisa tumbuh dengan sendirinya, mereka akan memiliki kapasitas sebagaimana yang dibutuhkan seperti public speaking yang bagus, dan punya kapasitas problem solving yang baik,” paparnya.

Artikel Terkait