Lakukan Hal Ini Sebelum, Jual Laptop atau HP

FTNews – Perangkat keras seperti laptop dan handphone (HP) sudah menjadi barang yang digunakan setiap hari. Penggunaan terus menerus ini akan berdampak pada kinerjanya yang bakal menurun dan berujung keinginan menjual laptop atau HP.

Kondisi perangkat yang menurun membuat aktivitas dengan gadget menjadi terganggu. Meski begitu, menjual laptop dan HP tidak bisa sembarangan.

Pengguna harus melakukan beberapa hal sebelum menjualnya. Apalagi perangkat tersebut digunakan sebagai penyimpanan data pribadi maupun aktivitas pekerjaan.

Langkah Sebelum Jual Laptop atau HP

Mencandangkan seluruh data

Pengguna harus mencadangkan semua data penting dalam perangkat. Data juga dapat dipindahkan pada HP atau laptop terbaru, sebelum jual laptop atau Hp

Pilihan yang dapat pengguna pilih dengan menggunakan layanan penyimpanan cloud, hard drive eksternal, atau flash disk. Perpindahan data ini perlu agar seluruh data tidak tertinggal dalam perangkat.

Cadangkan Aplikasi Pesan Instan

Aplikasi pesan instan WhatsApp juga perlu dicadangkan secara rutin. WhatsApp menjadi aplikasi dalam komunikasi dalam kegiatan sehari-hari atau kepentingan pekerjaan.

Jangan lupa untuk mencadangkan WhatsApp agar Anda dapat tetap mengakses pesan terakhir yang sedang diakses.

Menonaktifkan fitur keamanan

Mematikan semua fitur keamanan seperti menonaktifkan kata sandi, pola, atau verifikasi wajah untuk mengakses aplikasi tertentu. Ini untuk memastikan pembeli dapat mengaktifkan fitur keamanan mereka sendiri.

Penggunaan laptop. Foto: Pexels

Pindahkan kontak

Daftar kontak pada gadget sangat penting untuk dipindahkan. Kontak tersebut dapat disalahgunakan pihak yang tak bertanggung jawab.

Hapus akun yang terhubung dalam perangkat

Menjadi perangkat yang digunakan sehari-hari, membuat Laptop atau HP akan terhubung dalam aplikasi yang sering digunakan. Pengguna harus memastikan mengeluarkan akun dan menghapus berbagai aplikasi tambahan yang pernah Anda instal sebelumnya.

BACA JUGA:   Ada Kontes Kecantikan AI, Total Hadiah Mencapai Rp320 Juta!

Riset pabrik

Riset pabrik sebelum jual laptop atau HP juga perlu dilakukan karena perangkat akan dikembalikan dalam setelan konfigurasi standar ketika keluar dari pabrik.

Hal ini memungkinkan semua data, pengaturan, dan aplikasi yang telah ditambahkan atau diubah oleh pengguna akan dihapus.

Bersihkan Kondisi Fisik

Kondisi fisik akan memengaruhi harga jual laptop atau Hp. Pengguna dapat memastikan port atau kabel masih terhubung dengan normal.

Apabila terdapat aksesori atau stiker yang biasanya menempel di perangkat, sebaiknya lepaskan seluruhnya dan bersihkan.

Artikel Terkait

Live Streaming di Indonesia, Youtuber IShowSpeed Sampai Dibikin Nangis!

FT News - Seorang Youtuber asal Amerika Serikat (AS), IShowSpeed,...

Respon Polos Orang Indonesia saat Bertemu Youtuber Speed: Dia Siapa?

FT News - Youtuber Speed atau IShowSpeed sedang berkunjung...

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...