Mobile Ad
Anggota KKB Pelaku Pembakaran Camp Tahun 2021 Ditangkap!

Senin, 20 Mei 2024

FTNews - Anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Puncak, Lupa Waker alias Lupa Walo ditangkap Satgas Ops Damai Cartenz-2024. Pelaku ditangkap di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah pada Minggu (19/5).

Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Kombes Pol, Faizal Ramadhani mengatakan bahwa yang bersangkutan merupakan anggota KKB aktif wilayah Puncak.

“Lupa Waker alias Lupa Walo termasuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) No. DPO : 2/II/Res 1.13/2024 Reskrim, terkait kasus pembakaran camp dan alat berat milik PT. Unggul di Mundidok, Kabupaten Puncak pada bulan Februari tahun 2021 lalu,” kata Faizal, dalam keterangannya, pada Senin (20/5).

Dalam hal yang sama, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno mengatakan bahwa keberhasilan penangkapan ini dilakukan berdasarkan laporan dari masyarakat terkait informasi keberadaan yang bersangkutan di wilayah tersebut. Kemudian tim menangkap sekitar jam 14.30 WIT.

Sementara itu diketahui berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP / 05 / 11 / 2021 / Papua / Res. Puncak, tanggal 13 Februari 2021, tentang Pembakaran Camp PT Unggul, Mundidok, Kabupaten Puncak, Polres Puncak telah menerbitkan 4 Daftar Pencarian Orang (DPO) untuk anggota KKB wilayah Puncak.

“Kami akan melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap 3 DPO lainnya yang terlibat dalam pembakaran camp PT Unggul pada tahun 2021 lalu,” ungkap Bayu.

Dari penangkapan ini pihaknya juga menyita barang bukti berupa satu bilah sangkur, dompet, dua noken, satu KTP kabupaten Puncak atas nama Les Mosip, uang pecahan Rp. 113.000, dan dua unit ponsel beserta SIM.

“Saat ini anggota KKB Lupa Waker alias Lupa Walo telah berada di Posko Satgas Ops Damai Cartenz-2024 di Timika untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” tutup Bayu.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement