Mobile Ad
Berkendara saat Hujan, Manfaatkan 4 Fitur Suzuki Grand Vitara Untuk Keselamatan

Kamis, 18 Jan 2024

FTNews - Mengendarai mobil di bawah guyuran hujan memerlukan kewaspadaan ekstra, karena visibilitas pengendara dapat terganggu dan permukaan jalan menjadi lebih licin.

Guna membantu pengendara menghadapi situasi tersebut, produsen mobil pun melengkapi produknya dengan beragam fitur dan teknologi untuk meningkatkan faktor keselematan dan kenyamanan selama berkendara saat hujan, seperti 3-point signature LED DRL (Daytime Running Light), Autolight with Guide Me Light, kamera 360, defogger dan ESP (Electronic Stability Program).

Harold Donnel, 4W Marketing Director PT SIS mengatakan, untuk menghadapi curah hujan yang meningkat ini perlu adanya persiapan yang ekstra. Pengendara dapat memaksimalkan pemanfaatan fitur-fitur pada kendaraan sebagai salah satu langkah mempersiapkan diri untuk berkendara di musim hujan.

“Suzuki menyadari bahwa kendaraan menjadi penunjang utama sebagian besar kegiatan masyarakat. Berlandaskan kebutuhan tersebut, kami menyematkan berbagai fitur tepat guna pada kendaraan yang dapat membantu pengendara menghadapi segala perubahan cuaca yang bisa terjadi kapan pun,” tutur Harold, di Jakarta, baru-baru ini.



Lampu sebagai tanda posisi kendaraan


Banyak pengendara menyalakan lampu hazard ketika visibilitas terganggu akibat curah hujan yang tinggi. Tujuannya sebagai penanda agar keberadaannya dapat pengendara lain yang ada di depan maupun di belakang lihat.

Sebenarnya itu bukanlah langkah tepat, karena lampu hazard sebaiknya pengemudi gunakan saat kondisi darurat dan mobil dalam keadaan berhenti.



Penggunaan lampu utama sebenarnya lebih tepat untuk memberikan tanda posisi kendaraan. Cara lain dalam memberikan penanda adalah memanfaatkan DRL (Daytime Running Light). Dengan adanya DRL, pengendara lain dapat lebih mudah mengidentifikasi keberadaan mobil di depan maupun di belakang.

Suzuki Grand Vitara, lampu utamanya telah dilengkapi dengan Autolight with Guide Me Light yang dapat mengaktifkan headlight secara otomatis saat berkendara di kondisi yang gelap. Serta dapat memberikan penerangan beberapa saat ketika pengendara akan keluar maupun masuk ke dalam mobil.


Ketahui kondisi sekitar dengan kamera 360


Selain jarak pandang yang terganggu akibat intensitas hujan yang tinggi, pengendara akan sulit untuk mengetahui batas lintasan perjalanan. Maupun pergerakan kendaraan lain terutama pada titik-titik blind spot kendaraan. Jika menggunakan cara terdahulu, banyak pengendara yang membuka kaca jendela untuk memastikan kondisi di sekitar kendaraannya.

Kini teknologi seperti fitur kamera 360 dapat meningkatkan rasa aman bagi pengendara di tengah hujan lebat. Fitur ini menggabungkan tangkapan video dari 4 kamera yang tersebar di area depan, samping kanan dan kiri, serta belakang mobil untuk meningkatkan visibilitas pengendara.

Dengan begitu, pengendara dapat melihat gambaran visual pada bagian blind spot di sekitar kendaraan hanya dengan mengakses fitur kamera 360 pada head unit Grand Vitara.

Defogger membantu meminimalisir embun di kaca mobil


Defogger merupakan pemanas yang memiliki dua fungsi yaitu membantu menghilangkan embun pada bagian kaca mobil dan mengatur suhu kabin agar terjaga dengan baik. Untuk menghilangkan embun yang menghalangi visibilitas pengendara, defogger dapat diaktifkan dengan cara menekan tombol switch yang ada pada panel dashboard ketika mesin sedang bekerja.

Dengan demikian sistem pemanas akan aktif dan dapat meminimalisir pengembunan pada kaca mobil. Setelah 15 menit, defogger akan mati secara otomatis. Meskipun demikian, sebaiknya sistem ini segera matikan setelah selesai digunakan untuk menjaga keawetan baterai aki pada kendaraan.

ESP untuk stabilitas lebih terjamin


Genangan air dapat mengurangi traksi dan kontak ban pada permukaan jalan, sehingga mengganggu stabilitas berkendara. Terlebih jika pengendara sedang berada pada kecepatan yang cukup tinggi, potensi terjadinya aquaplaning akan lebih besar dan membahayakan.

Sebagai antisipasi, Suzuki telah membekali Grand Vitara dengan perangkat teknologi ESP (Electronic Stability Program). Sebuah teknologi pintar akan membatasi slip pada roda di kondisi jalan licin agar ban kembali mendapatkan traksi dan stabilitas terjaga dengan baik.

Dengan memahami fungsi dan cara kerja dari setiap fitur yang tersemat pada kendaraan, dapat memberikan ketenangan bagi pengendara maupun penumpang.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement