Mobile Ad
Gunung Ruang Erupsi Lagi, Warga Pulau Tagulandang Dievakuasi

Selasa, 30 Apr 2024

FTNews- Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara kembali mengalami erupsi pada Selasa (30/4) pukul 08.35 WITA. Erupsi tersebut menyebabkan tinggi kolom letusan 5000 meter di atas puncak Gunung Ruang.

“Terjadi erupsi G. Ruang pada hari Selasa, 30 April 2024, pukul 08:35 WITA. Tinggi kolom letusan teramati ± 5000 m di atas puncak (± 5725 m di atas permukaan laut)." tulis Petugas Pos Pengamatan Gunung Api, Julius Rampolii lewat laman resmi magma esdm.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) juga melaporkan, kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam. Dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan selatan.

"Erupsi beserta awan panas ke segala arah. Erupsi masih berlangsung saat laporan sedang di buat," tulis PVMBG dalam keteranganya resminya.

Imbauan Bagi Masyarakat 


Atas peristiwa ini, PVMBG mengeluarkan enam rekomendasi bagi masyarakat dan pemerintah, di antaranya:

1. Masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung/wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

2. Warga yang bermukim pada wilayah Pulai Tagulandang yang masuk dalam radius 6 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 6 km.

3. Masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan dan tsunami akibat material erupsi yang masuk kelaut/runtuhnya tubuh gunungapi ke dalam laut.

4. Selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernapasan.

5. Masyarakat di sekitar Gunung Ruang harap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Ruang. Dan tetap mengikuti perkembangan aktivitas Gunung Ruang melalui aplikasi MAGMA Indonesia yang dapat diunduh di Google Playstore atau melalui website https://magma.esdm.go.id.

Sebagai informasi, Gunung Ruang saat ini berstatus level III atau siaga usai mengalami erupsi sejak 16 April 2024 lalu.

Saat ini, masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung, wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement